Kominfo Diam-Diam Blokir WeChat, Superapp Idaman Anak Bangsa

Internet | 23 Aug 2023 | 10:51 WIB
Kominfo Diam-Diam Blokir WeChat, Superapp Idaman Anak Bangsa
WeChat, aplikasi superapp buatan Tencent (China), diam-diam dirusak oleh Kominfo karena pemblokiran salah satu domain internalnya.

Uwrite.id - WeChat, aplikasi superapp buatan Tencent (China) yang sering dijadikan sebagai inspirasi dan role model bagi Gojek, X (Twitter), bahkan pemerintah sendiri, diam-diam dirusak oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) karena pemblokiran salah satu domain internalnya.

Meskipun situs web www.wechat.com masih dapat diakses per Selasa, 22 Agustus 2023, aplikasi yang memiliki nama Mandarin Weixin ini memiliki salah satu domain internal, res.wx.qq.com, yang diblokir oleh sistem penyaringan konten Kominfo karena alasan yang tidak dipublikasikan.

Tampilan laman situs TrustPositif yang memblokir domain internal WeChat/Weixin

PSE yang dikhianati oleh TrustPositif sendiri

Kasus ini telah memberikan hal yang menarik, karena aplikasi WeChat sudah terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik dengan Nomor Tanda Daftar 005813.01/DJAI.PSE/07/2022. Bahkan, situs qq.com yang juga dimiliki oleh Tencent juga telah dimasukkan dalam beberapa entri PSE yang didaftarkan oleh perusahaan-perusahaan asing, sebagaimana dilansir dari situs PSEDB.

Tampilan situs PSE Kominfo yang menampilkan status pendaftaran PSE Lingkup Publik Asing untuk aplikasi WeChat
Tampilan situs PSEDB yang menampilkan beberapa entri PSE yang mendaftarkan situs qq.com.

Dampak Pemblokiran

Pemblokiran domain internal ini berdampak pada beberapa situs dokumentasi WeChat, salah satunya Pusat Pengembang dan Dokumentasi API WeChat/Weixin yang berlokasi di https://developers.weixin.qq.com.

Tampilan situs pusat dokumentasi API resmi WeChat/Weixin yang terdapat dalam situs https://developers.weixin.qq.com

Pemblokiran ini juga berpotensi merusak fitur Verifikasi Keamanan Akun seperti yang dialami oleh Penulis (21/8) dalam aplikasi WeChat saat hendak memulihkan akses akun yang sudah dibuatnya sejak tahun 2015. Dalam perangkat iPhone pribadi, aplikasi WeChat malah menampilkan laman kosong yang dapat disebabkan dari ketidakmampuan aplikasi peramban / web browser Penulis dalam memuat konten CSS dan JS dari salah satu domain internal yang diblokir.

Namun, tidak semua situs WeChat atau Weixin yang terkendala dari pemblokiran tersebut. Salah satunya, situs Pusat Pengembang dan Dokumentasi API bagi WeChat Pay yang berlokasi di https://pay.weixin.qq.com.

Tampilan situs pusat dokumentasi API resmi WeChat Pay yang tidak terdampak pada pemblokiran ini.

 

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar