Kolaborasi Urban Mobility UPJ Bersama DUDI Dorong Inovasi Transportasi Ramah Lingkungan Lewat Peluncuran Moxmo Lab #1

Pendidikan | 29 Nov 2023 | 12:30 WIB
Kolaborasi Urban Mobility UPJ Bersama DUDI Dorong Inovasi Transportasi Ramah Lingkungan Lewat Peluncuran Moxmo Lab #1
UML UPJ juga mengembangkan ekosistem dan pengajaran beserta riset. Jadi kami kembangkan dengan kampus lalu kami juga kerjasama dengan beberapa institusi pendidikan.

Uwrite.id - Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) menghelat gelaran MoXmo Lab #1 bertempat di Creative Box, Bintaro Jaya, Tangerang, baru-baru ini. Platform baru tersebut menjadi hasil kolaborasi antara Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Lewat Urban Mobility Lab (UML), UPJ menggandeng Spora EV, sebuah start-up bidang teknologi, dan Mimo, meluncurkan MoXmo #1. Langkah mempertemukan komunitas, desainer, kreator dan developer dalam perhelatan MoXmo Lab akan menjadi sebuah ekosistem tempat berdiskusi, berkolaborasi dan memperkenalkan ide-ide baru untuk memperkenalkan gaya hidup baru berkendara yang ramah lingkungan dan inovatif.

Dihadiri dunia usaha, start-up dan institusi pendidikan tinggi dari dalam dan luar negeri, MoXmo #1 memperkenalkan beberapa ide serta konsep produk juga memamerkan prototype yang merupakan hasil kolaborasi dari pihak-pihak dalam ekosistem ini.

Hasil kolaborasi yang dipamerkan diantaranya adalah sepeda motor listrik serbaguna pertama di Indonesia Bernama Mimo. Mimo merupakan sepeda kargo bertenaga surya dari Universitas Pembangunan Jaya, platform digital untuk kendaraan listrik berbasiskan teknologi blockchain yang bernama Matera, serta konsep branding kopi keliling modern dan speedometer digital hasil pengembangan dari Kalbis Institute.

Dalam acara ini turut pula ditampilkan berbagai desain kendaraan listrik ringan karya mahasiswa dan mahasiswi program Desain Produk UPJ yang merupakan implementasi mata kuliah Desain Transportasi, salah satu program unggulan di program studi Desain Produk UPJ.

“UML UPJ juga mengembangkan ekosistem dan pengajaran beserta riset. Jadi kami kembangkan dengan kampus lalu kami juga kerjasama dengan beberapa institusi pendidikan,” tukas Hari Nugraha, Ph.D, Kepala Program Stusi Desain Produk UPJ.

“Andaikata kita mau jadi pusat kendaraan listrik, ini bisa jadi momen untuk belajar dan harus dilakukan sekarang. Akan terlambat kalau tidak dilakukan saat ini. Harapannya kolaborasi dengan UPJ ini bisa diduplikasi di kota-kota lain yang akan kita kembangkan," tutur Hari Nugraha.

Urban Mobility Lab dan MoXmo #1 adalah implementasi visi UPJ yang diwujudkan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni bidang urban lifestyle and urban development yang selaras dengan ciri khas UPJ sebagai perguruan tinggi yang mengkhususkan diri pada kajian urban.

Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) mengembangkan center of excellence, pusat kolaborasi untuk menghasilkan inovasi-inovasi untuk mengatasi masalah urban dan perkotaan di Indonesia. Ke depan, ide dan inovasi yang dihasilkan dari kegiatan dan kolaborasi ini harus beranjak dari ranah konsep menjadi produk dan startup-startup baru yang hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat luas. (*)

 

 

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar