Kepala Dinas PRKPLH Ciamis Apresiasi Prestasi Sekolah Adiwiyata

Lingkungan Hidup | 28 Dec 2023 | 19:24 WIB
Kepala Dinas PRKPLH Ciamis Apresiasi Prestasi Sekolah Adiwiyata
Kepala Dinas PRKPLH Ciamis, Dr. H. Taufik Gumelar. Foto/Febriansyah

Uwrite.id - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis mengadakan Kegiatan Refleksi Akhir Tahun dan Penyerahan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Jawa Barat, Nasional, dan Mandiri Tahun 2022 dan 2023. Acara berlangsung di Aula DPRKPLH Ciamis pada Kamis, 28 Desember 2023.

Kepala Dinas PRKPLH Kabupaten Ciamis, Dr. H. Taufik Gumelar, ST, MM, menyampaikan kebanggaannya atas prestasi luar biasa dari 33 sekolah yang berhasil meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten Ciamis.

Lebih lanjut, 9 sekolah/madrasah meraih penghargaan Adiwiyata Provinsi Jawa Barat, 3 madrasah meraih Adiwiyata Nasional, dan 1 madrasah meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri.

Ia memberikan selamat kepada para penerima penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi, Nasional, dan Mandiri untuk tahun 2022 dan 2023.

"Prestasi ini adalah hasil dari kerja keras dan dedikasi luar biasa dari seluruh komunitas sekolah yang terlibat. Hari ini, kita berkumpul dengan rasa bangga karena kita memiliki kesempatan untuk merayakan pencapaian luar biasa dalam bidang pelestarian lingkungan hidup," ujarnya.

Dalam menghadapi tantangan lingkungan global, Taufik Gumelar menekankan peran penting sekolah dalam mendidik generasi masa depan tentang keberlanjutan dan tanggung jawab sosial.

Menurutnya, sekolah bukan hanya tempat pembelajaran, tetapi juga panggung untuk mengajarkan nilai-nilai keberlanjutan, keterlibatan masyarakat, dan cinta terhadap lingkungan.

"Pemerintah daerah sangat mengapresiasi peran sekolah dalam menjawab tantangan lingkungan hidup. Warga sekolah bukan hanya menjadi agen perubahan, tetapi juga mitra kami dalam upaya pelestarian alam. Dengan terus berkomitmen, kita bisa menciptakan lingkungan yang lebih bersih, hijau, dan berkelanjutan," jelasnya.

Kepala Dinas PRKPLH Kabupaten Ciamis, Dr. H. Taufik Gumelar, bersama jajaran berfoto dengan para peraih penghargaan Adiwiyata. Foto/Febriansyah

Lebih lanjut, ia menyanpaikan bahwa penghargaan bukan hanya mencerminkan prestasi sekolah, tetapi juga merupakan bukti nyata dari komitmen bersama dalam menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Taufik Gumelar menyatakan komitmen untuk tidak hanya mempertahankan prestasi ini, tetapi juga meningkatkannya di masa depan.

"Penghargaan ini adalah semangat baru untuk terus berinovasi dan berkontribusi lebih dalam lagi dalam upaya pelestarian lingkungan. Kita berkomitmen untuk tidak hanya mempertahankan prestasi ini, tetapi juga meningkatkannya di masa depan," tambahnya.

Tidak lupa, ia juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pendidikan, Kementerian Agama, dan KCD Pendidikan Wilayah XIII Provinsi Jawa Barat yang telah mendukung dan mendorong sekolah-sekolah di bawah kewenangannya untuk mengikuti program Adiwiyata.

"Semoga kolaborasi ini dapat terus terjalin. Kita semua adalah bagian dari satu perjuangan besar untuk melestarikan bumi kita," ungkapnya.

Kadis Taufik menegaskan bahwa penghargaan ini bukanlah akhir dari perjalanan, melainkan tantangan untuk terus meningkatkan upaya pelestarian lingkungan.

Ia meyakini, setiap langkah kecil yang diambil, setiap kebijakan yang diterapkan, semuanya dilakukan dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab terhadap keberlanjutan lingkungan.

"Kita yakin, kecil atau besar, setiap tindakan memiliki dampak positif. Teruslah menjadi contoh yang menginspirasi! Sinergi, satu aksi untuk bumi,"  tegasnya.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis atau yang mewakili, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ciamis atau yang mewakili, Kepala Kantor Cabang XIII Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Tim Pembina dan Penilai Sekolah Adiwiyata Kabupaten Ciamis Tahun 2023, serta para peraih penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi, Nasional, dan Mandiri Tahun 2022 dan 2023.***

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar