Kegiatan Temu Anggota AKKOPSI Bertepatan dengan City Sanitation Summit XXII dengan Cilegon Tuan Rumah

Lingkungan Hidup | 07 May 2024 | 12:59 WIB
Kegiatan Temu Anggota AKKOPSI Bertepatan dengan City Sanitation Summit XXII dengan Cilegon Tuan Rumah
Kota Cilegon memberikan lesson learn bagi wilayah yang lain untuk percontohan pengelolaan Kota Bersih. Terutama konversi sampah menjadi energi.

Uwrite.id - Para peserta yang terdiri dari Kepala Daerah se-Indonesia juga perwakilan mengikuti secara seksama rangkaian kegiatan City Sanitation Summit XXIII sebagai rangkaian acara AKKOPSI dan HUT ke-25 Kota Cilegon. 

Kabag Pemerintah Kota Cilegon, Yunan menyatakan, sejumlah perwakilan dan juga Kepala Daerah telah hadir. "Yang hadir dan datang banyak. Di antaranya dari Bali, Aceh, Subang, Kalimantan, Tual - Maluku Tenggara juga menyempatkan hadir, " kata Yunan, Selasa, 7 Mei 2024.

Open Ceremony (Pembukaan) City Sanitation Summit (CSS) XXII tahun 2024 digelar di The Royal Hotel Krakatau, Kota Cilegon, Senin malam (06/05). 

CSS XXII merupakan satu event yang mempertemukan seluruh kabupaten atau kota yang peduli terhadap sanitasi. Kegiatan ini diikuti oleh 492 perwakilan dari berbagai daerah di tanah air.

Kepala Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Disporapar Kota Cilegon Wawan Ihwani mempersiapkan pagelaran seni sebagai bentuk penyambutan. Salah satunya adalah dengan menampilkan duta wisata Kota Cilegon.

“Karena Kota Cilegon menjadi tuan rumah tentu dari awal telah dilakukan berbagai persiapan, termasuk salah satunya adik-adik duta wisata yang bertugas menyambut tamu dengan menggunakan pakaian dan tarian adat,” ujar Wawan, Senin (06/05).

Ia juga menyebut pembukaan dilakukan di The Royal Hotel Krakatau yang akan menyajikan tarian sendratari kolosal. Selain tarian, Disporapar Kota Cilegon juga akan menampilkan musik bendrong lesung.

“Bendrong Lesung merupakan salah satu seni budaya khas Cilegon Banten yang perlu dilestarikan jangan sampai tergerus oleh perkembangan teknologi maupun perkembangan zaman,” katanya

Kegiatan yang digelar selama enam hari ini merupakan bagian dari rangkaian acara HUT Kota Cilegon ke-25. Kadisporapar Kota Cilegon juga berharap kepada generasi muda untuk bersama-sama menjaga seni dan budaya di Kota Cilegon.

Dalam sambutannya, Walikota Cilegon mengucapkan selamat datang di Kota Cilegon kepada para peserta, dan berharap kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi dan tukar pikiran antar pemerintah daerah dalam mewujudkan sanitasi aman di Indonesia

Walikota Cilegon, Helldy Agustian memaparkan Kebijakan Strategis Inovatif dan Kolaboratif dalam Membangun Sanitasi di Kota Cilegon melalui program unggulan seperti Bebas ODF Berkelanjutan, Jamban BERKAH (Bersih, Berkualitas dan Sehat, Air Bersih untuk Semua, Sampah Sumber Daya Lingkungan, Mesjid EMAS (Mesjid Endah, Makmur, dan Sehat) dan Penguatan Program dan Edukasi Masyarakat Kelurahan melalui “Rembug Kelurahan” & “Bunga Kelurahan".

Tak lupa Kota Cilegon mengajak kepada para peserta CSS XXII untuk berkunjung ke titik lokasi yang mendukung peningkatan akses pengelolaan sampah dan limbah menjadi energi di Kota Cilegon, yakni TPSA Bagendung. (*)

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar