Kebun Raya Bisa Jadi Solusi Healing dari Polusi Ibukota

Pariwisata | 15 Aug 2023 | 09:21 WIB
Kebun Raya Bisa Jadi Solusi Healing dari Polusi Ibukota
PT Mitra Natura Raya mengelola 4 Kebun Raya di Indonesia tentu saja terus memberikan passion yang terbaik bagi masyarakat. Khususnya dalam segi pelayanan dan eduwisata.

Uwrite.id - Ibu Kota Jakarta belakangan ini dimasukkan ke dalam kategori salah satu kota dunia dengan tingkat baku mutu udara cukup buruk.

Bagi penduduk kota, relaks sejenak, mencari udara fresh dan menyehatkan menjadi salah sebuah pemecahan masalah jangka pendek yang harus rutin dijalankan untuk menjaga kesehatan organ respirasi, kulit dan juga mata, di tengah-tengah kondisi udara seperti sekarang ini.

Menurut data situs pemantau kualitas udara IQAir pada pukul 06:00 WIB, index kualitas udara (AQI) di Jakarta berada pada kisaran 170 atau masuk kepada kategori tidak sehat dengan taraf polusi udara PM2.5. 40%, oleh karenanya bisa disimpulkan kualitas hidup orang di perkotaan sangat tidak sehat dan cenderung berbahaya bagi tubuh.

Sebuah alternatif solusi yang dapat dilakukan yakni dengan healing serta berkunjung ke tempat rekreasi Kebun Raya. Perlu diketahui Kebun Raya merupakan Kawasan Konservasi Ilmiah serta merupakan lahan yang ditanami oleh jenis tanaman yang ditujukan untuk pemanfaatan sebagai koleksi, riset, dan konservasi ex-situ kepunyaan BRIN.

Tak hanya koleksi tanamannya yang mencerminkan biodiversitas, kebun raya juga berfungsi sebagai sarana edukasi dan wisata keluarga bagi pengunjung setempat maupun khalayak ramai. Hingga kini terdapat 4 (empat) Kebun Raya yang menjadi unggulan nasional, yakni Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Purwodadi, Kebun Raya Bali dan Kebun Raya Cibodas.

Merasakan udara segar di Kebun Raya di saat-saat kondisi udara Ibu Kota Jakarta yang sedang tidak baik bisa jadi alternatif liburan menyenangkan yang saat ini marak disukai warga masyarakat.

Masyarakat Jakarta dan sekitarnya banyak memilih melakukan refreshing dan piknik di arena-arena situs wisata lokal, salah satu yang menjadi idola untuk dikunjungi adalah Kebun Raya Bogor. Memiliki area 87 ha, menjadi tantangan tersendiri buat pengelola Kebun Raya Bogor guna menjaga kualitas layanan dan kebersihan.

Tiap-tiap Kebun Raya memiliki keunggulan dan ciri khas-nya masing-masing, namun terdapat benang merah yang sama dari 4 Kebun Raya ini, yaitu semuanya mempunyai area dengan emisi polutan rendah, udara yang sejuk, dan kaya dengan literasi edukasi keanekaragaman hayati Indonesia.

"Jika ingin sedikit lebih jauh, dapat menuju ke Kebun Raya Cibodas, dengan berkendaraan selama 2-3 jam dari Jakarta, warga ibukota akan mendapatkan suasana Kebun Raya dengan kontur bukit serta pegunungan. Hal ini menjadiksn pengunjung Kebun Raya dapat merasakan sensasi suasana fresh seperti di pegunungan," tukas Managing Director Kebun Raya_id, Marga Anggrianto - Senin, (14/08/23).

Di Jawa Timur, ulasnya, terdapat Kebun Raya Purwodadi yang berdekatan dengan Malang dan Surabaya. Di mana kawasan ini menjadi Kebun Raya dengan karakter dataran rendah tropis. Jika kita beranjak sedikit ke di Bali, terdapat Kebun Raya Bali di dataran tinggi wilayah Bedugul, di sana terasa suasana sejuk khas pegunungan sebagaimana di Kebun Raya Cibodas.

"PT Mitra Natura Raya mengelola 4 Kebun Raya di Indonesia tentu saja terus memberikan passion yang terbaik bagi masyarakat. Tidak hanya dalam segi pelayanan dan eduwisata, tetapi di dalam area Kebun Raya ini juga terdapat fungsi Jasa Lingkungan yang amat berguna di tengah-tengah tingginya dampak polusi udara akhir-akhir ini," pungkasnya.

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar