Kadinkes Lampung Akan Dipanggil Ulang Minggu Depan. Pahala : Laporan LHKPN nya Janggal

Peristiwa | 10 May 2023 | 13:55 WIB
Kadinkes Lampung Akan Dipanggil Ulang Minggu Depan. Pahala : Laporan LHKPN nya Janggal

Uwrite.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan dua   kejanggalan  dalam  Laporan  Harta Kekayaan Penyelenggara  Negara  ( LHKPN )  Kepala   Dinas Kesehatan (Kadinkes) Lampung Reihana Wijayanto. Pertama  KPK   menduga  bahwa  LHKPN  tersebut dibuatkan oleh stafnya. “LHKPN-nya dibuatkan oleh staf,”   kata  Deputi  Pencegahan  KPK,         Pahala Nainggolan, Selasa, 9 Mei 2023.
Pahala  mengatakan  LHKPN  Reihana  dibuat oleh stafnya.   Karena   itu, kata   dia,   Reihana     tidak mengetahui bahwa hartanya tidak berubah sejak lima tahun lalu.
"Sebenarnya mendapatkan bantuan dari staf untuk membuat LHKPN sah-sah saja. Namun jumlah harta yang dilaporkan dalam LHKPN tidak berdasarkan jumlah sebenarnya".
Kedua, Pahala menduga Reihana tidak melaporkan sejumlah rekening bank yang dimilikinya. Hal ini pernah terjadi tahun 2021.  “Beberapa rekening bank tidak dilaporkan, padahal 2021 pernah diklarifikasi dengan penyakit yang sama,” kata Pahala.
Reihana mendapat sorotan saat akun Twitter @PartaiSocmed mengunggah gaya hidup mewah Reihana. Selain barang barang mewah berupa tas bermerk internasional, pakaian dan perhiasan, yang menjadi sorotan juga besarnya nilai LHKPN yang dilaporkan. Diketahui Reihana telah menjabat sebagai Kadinkes di Lampung sekitar 14 tahun, dan harta yang tercantum  sekitar Rp. 2,7 trillium.
"Saya sudah review (hasil klarifikasi), diputuskan minggu depan beliau akan dipanggil lagi,” ujar  Pahala.
Berdasarkan pengecekan LHKPN di website KPK, Reihana terakhir melaporkan harta kekayaannya pada 2022. Saat itu, Reihana memiliki total harta senilai Rp 2,715 miliar. Hartanya didominasi oleh kepemilikan 4 properti yang bernilai Rp 1,9 miliar. Dia juga memiliki 3 mobil seharga Rp 450 juta. Jenis harta lainnya yang dilaporkan Reihana ke KPK adalah harta bergerak lainnya senilai Rp 6,7 juta dan uang kas senilai Rp 300 juta. (RC)

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar