Jumbara PMR Nasional 2023 Membawa Berkah Bagi Para Pedagang Lokal dan Masyarakat Lampung

Ekonomi | 05 Jul 2023 | 22:09 WIB
Jumbara PMR Nasional 2023 Membawa Berkah Bagi Para Pedagang Lokal dan Masyarakat Lampung
Diantaranya kegiatan yang ada di areal jumbara itu ialah Panggung Youth Collaboration, panggung Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS) dan Panggung kontingen.

Uwrite.id - LAMPUNG SELATAN, Hingga menjelang malam aktivitas di pameran Jumpa Bakti Gembira (JUMBARA) PMR Nasional 2023 masih ramai dikunjungi oleh kalangan masyarakat bumi Lampung, kendati demikian kegiatan tersebut membawa berkah bagi pedagang yang berjualan di areal stand pameran jumbara itu.

Diantaranya kegiatan yang ada di areal jumbara itu ialah Panggung Youth Collaboration, panggung Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS) dan Panggung kontingen. Ketiga panggung tersebut tak henti-hentinya dikerubungi oleh pengunjung yang ingin melihat pentas budaya dari masing-masing daerah.

Pengunjung dibebaskan untuk melihat dan berinteraksi langsung dengan para peserta Jumbara yang sedang menampilkan kesenian tari kolosal dari daerahnya, hal itu membuat masyarakat betah berlama-lama di lokasi sembari menunggu tampilan dari 34 provinsi lainnya.

Penampilan seni dan budaya dari kontingen Bangka Belitung di panggung Youth Collaboration

Disamping itu, adanya kegiatan jumbara juga berimbas kepada para pedagang lokal atau pelaku UMKM yang mendirikan stand penjualan di areal pameran, adapun aneka jajakan yang ditawarkan oleh pedagang mulai dari aneka jajanan kuliner, aksesoris jumbara, pakaian, kerajinan tangan hingga photo booth.

Berdasarkan tinjauan lapangan awak media UwriteID Lampung mengungkapkan bahwa dari sore sampai malam aktivitas pameran makin di padati lapisan masyarakat.

Meli salah satu gadis muda pengunjung pameran mengatakan bahwa ia sangat antusias dan terkesan dengan penampilan-penampilan dari daerah-daerah se-Indonesia.

Meli serta teman-temannya berkunjung dan menonton pentas seni di pameran Jumbara Nasional 2023

"Keren pokoknya, banyak dari mereka (kontingen) unjuk kebolehan juga kesenian yang tentunya buat motivasi bagi pemuda di Lampung", tutur Meli saat diwawancarai jurnalis UwriteId Rabu malam (05/07/2023).

Masih ditempat yang sama, stand dari Nusa Tenggara Barat juga mengungkapkan sebenarnya dari hari pertama hingga kini penjualan barang khas dari NTB itu meningkat drastis bahkan ludes diserbu pengunjung, kata penunggu stand.

"Baru beranjak dua hari barang-barang disini sudah banyak yang habis salah satunya mutiara, kain songket, syal, kopi rumput laut dan tas kain khas NTB", ucap Solikoh penunggu stand tersebut saat di wawancarai pada hari Rabu pukul 19:00 WIB (05/07/2023).

Kendati demikian semakin malamnya acara, pengunjung malah makin padat dan menyerbu dagangan di tiap-tiap stand untuk oleh-oleh yang ingin dibawa pulang ke rumah, banyak dari mereka membawa sanak saudara, teman tongkrongan bahkan pasangannya.

Tak berhenti disitu saja rencananya setelah berakhirnya kegiatan Jumbara, seluruh peserta akan mengunjungi destinasi pariwisata yang ada di Lampung Selatan maka dari itu keberkahan adanya acara tersebut akan dirasakan oleh pelaku atau penggiat wisata yang ada di Lamsel. (AL)

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar