Jika Dimungkinkan, Perayaan HUT Kemerdekaan RI Lebih Terpusat di IKN Kendati akan Digelar di DKJ dan IKN Sekaligus

Peristiwa | 14 Jun 2024 | 20:37 WIB
Jika Dimungkinkan, Perayaan HUT Kemerdekaan RI Lebih Terpusat di IKN Kendati akan Digelar di DKJ dan IKN Sekaligus
Mantan Tim Ahli Tim Transisi IKN, Isradi Zainal juga menilai daya dukung IKN untuk upacara HUT RI sangat memadai.

Uwrite.id - IKN Nusantara - Pada tanggal 17 Agustus 2024, Indonesia akan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-79 dengan upacara yang digelar secara hybrid di dua lokasi utama: Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Jakarta. Keputusan ini diambil dengan mempertimbangkan kemajuan signifikan dalam pembangunan pusat pemerintahan baru di IKN.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, mengemukakan rencana ini setelah rapat persiapan yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama sejumlah menteri terkait. Menurutnya, persiapan di IKN sudah mencapai 90%, mencakup pembangunan istana dan kantor-kantor menteri koordinator yang hampir rampung dan sudah bisa digunakan.

Di sisi lain, mantan Tim Ahli Tim Transisi IKN yang juga Rektor Universitas Balikpapan, Isradi Zainal menyebut daya dukung IKN saat ini untuk pelaksanaan event sekelas Upacara Peringatan HUT RI ke-79 itu, sudah memadai. Dirinya secara rutin memantau progress pembangunan di IKN dengan secara berkala berkunjung ke lokasi.

Untuk menunjang akomodasi, tempat menginap presiden telah disiapkan, termasuk opsi mezzanine di Istana Negara IKN. Di samping itu, beberapa Aparatur Sipil Negara (ASN) juga akan disiagakan di IKN untuk mendukung kelancaran acara tersebut.

Diperkirakan sekitar 2.000 orang, termasuk tamu negara dan duta besar, akan menghadiri upacara di IKN. Sementara itu, memastikan penggunaan bandara untuk mendukung mobilitas para peserta penting akan diumumkan pada akhir Juli.

Presiden Jokowi, yang akan menghadiri upacara di IKN, telah menyatakan bahwa persiapan upacara hampir rampung, dengan 80% pembangunan tahap pertama IKN telah selesai. Selain itu, skenario ini juga memungkinkan Presiden mulai berkantor di IKN pada tahun yang sama.

Pembangunan di IKN terus berjalan meski terjadi pergantian kepemimpinan. Diperkirakan Presiden terpilih, Prabowo Subianto, juga akan menghadiri upacara di IKN, sementara Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka akan berada di Jakarta untuk mengikuti upacara yang dilakukan di sana.

Meski sebagian besar persiapan sudah siap, unsur rangkaian perayaan di IKN sendiri masih belum diumumkan. Salah satu poin penting juga adalah upacara penghormatan pahlawan yang akan dibagi antara Taman Makam Pahlawan Kalibata dan IKN Memorial.

Dengan demikian, HUT Kemerdekaan RI ke-79 akan menjadi momen bersejarah yang dilaksanakan secara serentak di Jakarta dan IKN, mengukuhkan IKN sebagai pusat pemerintahan masa depan Indonesia. (*)

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar