Jambore Pemuda Indonesia Perdana Digelar di Kabupaten Ciamis

Peristiwa | 22 Nov 2023 | 19:27 WIB
Jambore Pemuda Indonesia Perdana Digelar di Kabupaten Ciamis
Para pemuda dari berbagai organisasi kepemudaan se Kabupaten Ciamis mengikuti pembukaan Jambore Pemuda Indonesia (JPI) tingkat Kabupaten Ciamis. Foto/istimewa

Uwrite.id - Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Ciamis menggelar Jambore Pemuda Indonesia (JPI) di pusat budaya situs Karangkamulyan, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeunjing, Ciamis. Rabu (22/11/23).

Jambore Pemuda Indonesia tingkat Kabupaten Ciamis ini mengusung tema "Peran Pemuda dalam Menjungjung Tinggi Kecintaan dan Kebanggaan Terhadap Tatar Galuh Ciamis".

Kadisbudpora Kabupaten Ciamis, Erwan Darmawan, mengatakan Kabupaten Ciamis melaksanakan Jambore Pemuda Indonesia untuk yang pertama kali pada tahun ini.

Erwan juga menyatakan bahwa kegiatan ini memberikan kesempatan kepada pemuda untuk mengemukakan ide dan gagasan untuk masa depan.

"Kami memberikan kesempatan kepada pemuda untuk mengutarakan ide dan gagasan, dengan harapan dapat melahirkan inovasi yang bermanfaat minimal untuk satu tahun ke depan. Maksimal untuk dua puluh tahun ke depan" ungkap Erwan.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Ciamis, Erwan Darmawan. Foto/istimewa

Sebagai alternatif kemah bakti pemuda, Erwan menyampaikan, Jambore ini disesuaikan dengan kegiatan Kementerian Pemuda dan Olahraga, tetapi tetap mempertahankan esensi kemah bakti.

"Tujuannya, sejalan dengan kemah bakti pemuda, adalah memperkenalkan para pemuda kepada sesama pemuda dan pemerintahan," ucapnya.

Diharapkan bahwa melalui kegiatan ini, akan muncul inovasi dan gagasan yang dapat diimplementasikan dalam pembangunan jangka panjang, khususnya yang sedang dirumuskan oleh Kabupaten Ciamis.

"Bisa dibilang kegiatan ini seperti musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) nya para pemuda," ungkapnya.

Sebanyak 75 pemuda dari 27 kecamatan di Kabupaten Ciamis diundang untuk berpartisipasi, dengan harapan mereka dapat mewakili beragam organisasi kepemudaan.

"Kami berkolaborasi dengan berbagai organisasi pemuda seperti karang taruna, BEM, KNPI, HIPMI, dan lainnya. Kalaupun ada yang belum diundang akan kami maksimalkan di kemah bakti" tambah Erwan.

Berlangsung selama 2 hari, jambore ini tidak hanya melibatkan pemuda, tetapi juga melibatkan narasumber dari Kodim, Polres Ciamis, BNN, dan Bappeda untuk memberikan pandangan terhadap penanaman moral, pencegahan narkoba, serta perencanaan pembangunan ke depan.

"Jambore Pemuda ini nantinya akan menjadi kegiatan rutin tahunan, karena sudah menjadi program nasional," jelasnya.

Perwakilan yang muncul dari Jambore Pemuda Indonesia tingkat Kabupaten Ciamis akan melanjutkan perjalanan mereka untuk berpartisipasi dalam Jambore Pemuda Indonesia tingkat nasional untuk menunjukkan kontribusi dan potensi positif pemuda Kabupaten Ciamis secara lebih luas.

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar