Ironis! Ketua HKTI Moeldoko Merasa Geram Buah-buahan Masih Sering Impor

Ekonomi | 13 Jul 2023 | 10:43 WIB
Ironis! Ketua HKTI Moeldoko Merasa Geram Buah-buahan Masih Sering Impor
Ketua Umum HKTI yang juga Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, dalam Rakernas DPP HKTI pada 1-2 Juli 2022 di Ancol, Jakarta. (Foto: Sindonews)

Uwrite.id - Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, menyuarakan kekesalannya terhadap fakta bahwa sampai saat ini Indonesia masih sering mengimpor buah-buahan, padahal sebenarnya buah-buahan tersebut dapat dibudidayakan atau ditanam di dalam negeri.

Sebagai Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Moeldoko menganggap fenomena ini sangat ironis mengingat bahwa Indonesia memiliki iklim yang sangat cocok untuk mengembangkan berbagai jenis buah-buahan, termasuk buah-buahan tropis.

"Ironis. Semestinya kita jangan terlalu banyak impor dalam hal hortikultura dan buah-buahan ini," kata Moeldoko, dikutip dari Viva.co.id, Rabu, 12 Juli 2023.

Dia menekankan bahwa impor buah-buahan hanya dapat dimaklumi untuk jenis buah-buahan spesifik yang tidak tersedia di Indonesia. Namun, untuk buah-buahan spesifik khas Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain, seharusnya Indonesia tidak perlu mengimpor.

"Kita memiliki buah-buahan yang sangat baik dan unik di kawasan Asia yang tidak dapat dimiliki oleh negara lain," tambah Moeldoko.

Dia memberikan contoh salah satu ironi fenomena impor buah-buahan yang terjadi pada buah alpukat. Sebenarnya, Indonesia tidak perlu mengimpor alpukat karena petani lokal seharusnya mampu menanamnya sendiri.

"Ironisnya lagi, kita mengimpor alpukat dari Australia. Sungguh tidak masuk akal. Padahal kita dapat menanamnya di sini," ungkap Moeldoko.

 

 

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar