Iqbal : Longmarch Buruh Gedung Sate-Istana, Bawa 4 Tuntutan

Politik | 31 Jul 2023 | 00:29 WIB
Iqbal : Longmarch Buruh Gedung Sate-Istana, Bawa 4 Tuntutan
Di sela-sela FGD Partai Buruh : Menolak Presidential Treshold, (31/06) di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Iqbal mengatakan bahwa aksi ini bakal diikuti anggota Partai Buruh berjumlah ratusan orang.

Uwrite.id - Said Iqbal mengatakan Partai Buruh bakal melakukan longmarch, jalan kaki Gedung Sate-istana (dari Bandung ke Jakarta), pada 2-9 Agustus 2023. Aksi longmarch kali ini membawa agenda petisi berisi empat tuntutan. 

Disampaikan Said Iqbal di sela-sela kegiatan Focus Discussion Group (FGD) Partai Buruh : Menolak Presidential Treshold, (31/06) di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, aksi ini bakal diikuti anggota Partai Buruh berjumlah ratusan orang. Di tiap-tiap kota industri yang dilalui, buruh yang long march tersebut akan disambut ribuan buruh yang keluar pabrik.

Penyambutan ribuan buruh berada di Lapang Cimahi, kawasan industri Leuwi Gajah Cimahi, sepanjang kawasan industri Padalarang (Kabupaten Bandung Barat), kawasan industri Karawang, kawasan industri Purwakarta, Pulogadung serta Bekasi. Ujung-ujungnya, peserta aksi akan disambut ribuan buruh di Gedung MK dan di istana Merdeka, Jakarta.

"Selama longmarch akan disebarkan surat petisi rakyat kelas pekerja dan buruh, di mana berisikan empat tuntutan," imbuh Said Iqbal lagi.

Tuntutannya ialah, pertama, cabut Omnibus Law UU Ciptaker. Kedua, naikkan upah minimum 2024 sekurang-kurangnya 15 persen. Ketiga, cabut PT (Presidential Treshold) 20 persen menjadi nol persen. Keempat, cabut Undang-Undang Omnibus Law Kesehatan. Terakhir, surat petisi ini akan dikirim ke pimpinan DPR dan presiden.

Aksi didahului dengan aksi buruh pada 2 Agustus 2023 di depan MK berbarengan dengan gugatan uji materi Partai Buruh terhadap Omnibus Law UU Ciptaker.

Aksi itu, lanjut Said Iqbal, mengusung tagline "Galang Lima Juta Juta Petisi Buruh dan Rakyat Kelas Pekerja demi Mewujudkan Negara Sejahtera".

"Longmarch bakal diikuti pula oleh unsur Partai Buruh lainnya, selain KSPI, seperti ORI, FPTHSI, (K)SBSI, SPI, KPBI, FSPMI, FSPKEP, SPN, FSP FARKES PERCAYA, FSP TSK, buruh migran, PRT, aliansi nelayan, ojol, miskin kota plus organisasi kerakyatan lainnya,” pungkas Said Iqbal.
 

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar