Ini Arti Shalom Aleichem yang Diucapkan Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang

Budaya | 30 Jun 2023 | 16:54 WIB
Ini Arti Shalom Aleichem yang Diucapkan Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang
Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang, ketika hadir ke Gedung Sate, Komplek Kantor Gubernur Jawa Barat, Jumat (23/6/2023).

Uwrite.id - Panji Gumilang, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun, menjadi sorotan masyarakat setelah ia mengajak untuk mengucapkan salam Yahudi, yaitu "Havenu Shalom Aleichem." Video tersebut tersebar di berbagai media sosial dan menciptakan perdebatan. Insiden ini terjadi ketika Panji Gumilang memimpin santri dan tamu undangan dalam acara tadarus Al-Quran sekaligus memperingati 1 Syura di Ponpes Al-Zaytun, Indramayu, Jawa Barat.

Dalam video tersebut, terlihat Panji Gumilang memandu santri dan tamu undangan dengan mengajak mereka untuk menyanyikan salam Yahudi di aula besar Pondok Pesantren Al-Zaytun, Indramayu, Jawa Barat.

Ucapan salam Yahudi yang dilakukan oleh Panji Gumilang di pondok pesantren Al-Zaytun tersebut kemudian memicu kontroversi. Namun, apa sebenarnya arti dari "shalom aleichem" yang diucapkan oleh Panji Gumilang? Berikut penjelasannya.

Berdasarkan sumber dari Merriam-Webster, istilah "shalom aleichem" berasal dari bahasa Ibrani "shlôm alêem" dan bahasa Yiddish "olem aleyxem". Secara harfiah, kata ini berarti "damai sejahtera menyertai Anda." Jika ditinjau dari segi makna, salam ini memiliki kesamaan dengan salam "Assalamualaikum" dalam bahasa Arab yang biasa digunakan oleh umat Islam.

"Shalom Aleichem" sendiri merupakan salam tradisional dalam bahasa Ibrani yang umum digunakan dalam komunitas Yahudi. Biasanya, orang Yahudi menggunakan ungkapan ini saat bertemu atau berpisah satu sama lain.

Salam ini juga sering dijumpai di wilayah Timur Tengah dan digunakan dalam bentuk jamak, sehingga dapat digunakan untuk menyapa banyak orang, meskipun juga dapat digunakan untuk menyapa satu orang. Selain itu, salam ini juga digunakan dalam konteks keagamaan, sebagai ucapan pembuka dalam khutbah, serta sebagai salam kepada rekan dan sesama.

Panji Gumilang saat akan menuju ruang pertemuan di Gedung Sate, Kota Bandung, untuk mengklarifikasi dan memberikan keterangan kepada Tim Investigasi MUI Pusat dan tim bentukan Pemprov Jabar, pada Jumat (23/6/2023) juga sempat menyapa awak media dengan salam bahasa Ibrani.

"Assalamualaikum, Shalom Aleichem (salam dalam Bahasa Ibrani)," ujar Panji menyapa awak media.

 

 

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar