Hari Ini Golkar & PAN Resmi Bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya Mengusung Prabowo

Politik | 13 Aug 2023 | 17:13 WIB
Hari Ini Golkar & PAN Resmi Bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya Mengusung Prabowo

Uwrite.id - Hari ini, dua partai politik, yakni Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN), secara resmi bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. Acara penandatanganan kerjasama politik ini berlangsung pada hari Minggu, 13 Agustus 2023, di Museum Naskah Proklamasi Jakarta.

Kehadiran Golkar dan PAN dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya juga membawa dampak besar terhadap peta politik nasional, terutama menjelang pemilihan presiden mendatang. Dengan bergabungnya kedua partai ini, mereka secara eksplisit menyatakan dukungan mereka terhadap Bakal Calon Presiden Prabowo Subianto.

Berikut adalah peta koalisi saat ini, berdasarkan hasil survei politik terbaru:

1. Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memiliki porsi dukungan sebesar 28,4%.

2. Sementara itu, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Golkar, dan PAN membentuk koalisi yang memiliki dukungan mayoritas, yaitu sebesar 46,2%.

3. Partai PDI Perjuangan (PDIP) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tetap menjadi kekuatan politik dengan dukungan sekitar 25,6%.

Perubahan konstelasi politik ini tidak hanya akan mempengaruhi dinamika pemilihan presiden yang akan datang, tetapi juga memunculkan berbagai spekulasi dan analisis mengenai potensi aliansi lain yang dapat terbentuk dalam waktu mendatang. Dalam suasana politik yang semakin kompleks, langkah ini tentu akan menjadi fokus perbincangan hangat di kalangan masyarakat dan para pengamat politik.

 

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar