Harga Saham Jenis Ini Bakal Cuan Jumbo Jika Anies-Cak Imin Menang Pilpres

Ekonomi | 06 Sep 2023 | 10:07 WIB
Harga Saham Jenis Ini Bakal Cuan Jumbo Jika Anies-Cak Imin Menang Pilpres
Anies - Paloh - Cak Imin

Uwrite.id - Merapatnya PKB ke Anies dan Cak Imin membuat peta koalisi berubah dan berpotensi menimbulkan panasnya suhu politik karena ada perubahan koalisi.

Eskalasi suhu politik ini terjadi setelah PKB merapat ke kubu Anies Baswedan. Padahal, PKB sebelumnya adalah pendukung koalisi Indonesia Maju dengan kubu bacapres Prabowo Subianto. Dalam beberapa survei, Cak Imin juga lebih kerap disandingkan dengan Prabowo.

Namun, kali ini kita tidak akan membahas panasnya situasi politik setelah PKB merapat ke kubu Anies. Melainkan akan membahas saham-saham yang berpotensi mengalami kenaikan jika pasangan Anies-Cak Imin memenangkan Pilpres 2024 atau Pemilu 2024.

Jika Anies-Cak Imin memenangkan Pilpres 2024, maka sektor yang kemungkinan akan diuntungkan yakni sektor kesehatan, transportasi, pendidikan, sumber daya manusia (SDM), dan syariah.

Untuk lebih jelasnya, simak rincian berikut jika Anies-Cak Imin memenangkan Pemilu 2024

1. Kesehatan

Bacapres Anies tentunya peduli dengan kesehatan masyarakat, sehingga sektor kesehatan berpotensi diuntungkan jika Anies memenangkan Pilpres 2024.

Selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies dinilai telah berhasil mereformasi pelayanan kesehatan sehingga warga Jakarta bukan hanya semakin banyak yang terlayani, namun juga dilayani dengan baik oleh tenaga medis dan tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan.

Di Indonesia sendiri, sektor kesehatan pun sudah cukup banyak yang berstatus go-public. Tak hanya sektor kesehatan, sektor pendukung seperti alat kesehatan, farmasi, rumah sakit, dan laboratorium juga tentunya berpotensi diuntungkan.

Oleh karena itu, kelima sektor tersebut berpotensi terdongkrak kinerja sahamnya jika Anies memenangkan Pilpres 2024.

2. Infrastruktur dan Konstruksi

Selain sektor kesehatan, Anies juga 'jago' dalam sektor transportasi umum, di mana selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies berhasil membuat transportasi umum di Jakarta semakin baik.

Bahkan, kini masyarakat Jakarta tak perlu khawatir dengan tarif transit karena sudah ada tarif integrasi antar transportasi umum di DKI Jakarta.

Selain itu, prasarana transportasi umum DKI Jakarta juga sudah jauh lebih baik, sehingga pengguna dapat dibuat 'nyaman' ketika menaiki transportasi umum di Jakarta.

Dengan keberhasilan Anies di bidang transportasi umum, maka sektor yang berpotensi diuntungkan yakni sektor transportasi, infrastruktur, dan konstruksi.

Untuk sektor infrastruktur dan konstruksi, potensi diuntungkan karena sektor ini berperan dalam pembangunan prasarana transportasi umum DKI Jakarta seperti pembangunan atau revitalisasi halte, stasiun, maupun pendukung lainnya.

Dengan ini, maka saham-saham BUMN Karya juga berpotensi diuntungkan jika Anies memenangkan Pilpres 2024.

3. Pendidikan

Sektor pendidikan berpotensi diuntungkan jika Anies-Cak Imin memenangkan Pemilu 2024. Hal ini karena keduanya juga cukup ahli di bidang pendidikan. Anies yang sebelumnya menjabat Menteri Pendidikan di era Presiden Jokowi periode 2014-2019.

Sedangkan untuk Cak Imin sendiri merupakan Ketua Umum PKB, yang juga jaringan pendidikan islamnya juga tak main-main. Cak Imin juga seringkali membahas permasalahan pendidikan di RI yang masih punya 'PR' besar, terutama di kawasan pelosok-pelosok.

Meski di Bursa Efek Indonesia (BEI) sektor pendidikan masih cenderung minim, tetapi ada beberapa emiten di sektor pendidikan yang sudah melantai di BEI.

4. Sumber Daya Manusia (SDM)

Sejalan dengan sektor pendidikan, sektor Sumber Daya Manusia (SDM) juga dapat diuntungkan jika Anies-Cak Imin memenangkan Pemilu 2024.

Bacapres Anies terus berkomitmen meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) guna mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Dia juga sempat menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla, sehingga sektor SDM menjadi keunggulan Anies.

Adapun sektor yang dapat dikaitkan dengan SDM yakni sektor jasa, di mana sektor ini tentunya berkaitan dengan pelayanan yang berhubungan langsung dengan antar orang.

Dengan keunggulan Anies di bidang SDM, tentunya sektor jasa berpotensi mendapat 'berkah' jika Anies memenangkan Pilpres 2024.

Adapun sektor jasa di Bursa Efek Indonesia (BEI) tentunya cukup banyak jenisnya. Namun, sektor jasa yang terkait SDM yakni sektor Perdagangan, Jasa dan Investasi, keuangan, atau di bidang hospitality seperti hotel, restoran, tempat hiburan, dan lain-lainnya.

Jika sesuai dengan keunggulan Anies, maka saham-saham di sektor-sektor tersebut, terutama sektor hospitality seperti hotel, restoran, tempat hiburan, dan lain-lainnya berpotensi mendapat 'cuan' jika Anies memenangkan Pilpres 2024.

5. Syariah

Bacawapres Cak Imin berasal dari partai PKB, yang juga menganut sistem syariah di dalamnya. Oleh karena itu, sektor berbasis syariah berpotensi diunggulkan jika Anies-Cak Imin memenangkan Pemilu 2024.

Sektor berbasis syariah di Indonesia saat ini lebih banyak berada di sektor keuangan, seperti perbankan syariah, asuransi syariah, dan lain-lain.

Namun, ada sektor berbasis syariah lainnya yang dapat diunggulkan seperti sektor perjalanan (travel) syariah, pendidikan syariah, dan lain-lainnya. (*)

 

 

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar