Haidar Alwi: Intoleransi Adalah Sumber Terorisme Yang Nyata.

Politik | 14 Jul 2023 | 15:39 WIB
Haidar Alwi: Intoleransi Adalah Sumber Terorisme Yang Nyata.

Uwrite.id - Bsd City Tangerang, ErHa:

Haidar Alwi, presiden Haidar Alwi Care menyatakan bahwa intoleransi terhadap kebebasan beragama dan berkeyakinan menjadi salah satu penyebab timbulnya tindakan teror di Indonesia. Para pelaku intoleransi yang tak puas akan memilih jalan lain dengan bergabung pada kelompok-kelompok ekstrem, lalu menjadi radikal dan melakukan tindakan teror.

“intoleransi menjadi titik awal dari terorisme. Karena itu, oleh karena itu haidar Alwi Care dan Haidar Alwi Institute menolak praktek intoleransi tumbuh subur di Indonesia ,” kata Haidar Alwi, di Tangerang 14 Juli 2023.

Presiden Haidar Alwi Care dan Haidar Alwi Institute, IR. R. HAIDAR ALWI, MT menambahkan, tahapan transformasi dari intoleran menuju radikalisme dan menjadi terorisme.

“Transformasi ini nyata,” tegas haidar alwi.

Beliau menambahkan ada tahapan menuju teroris, pertama berawal masuk kelompok intoleran. Kedua, karena tidak puas maka memilih jalan ekstrem. Ketiga, menjadi radikal dan terakhir melakukan tindakan teror. Jadi, tidak bisa langsung menjadi teroris karena butuh tahapan menuju ke arah tersebut.

Masih menurut presiden Haidar Alwi Care, intoleransi dapat dibagi dalam dua hal. Intoleransi pasif dan intoleransi aktif. Intoleransi pasif berarti memiliki pikiran yang tidak toleran tapi bukan manifes. Sedangkan intoleransi aktif merupakan sebuah manifes, pikiran, tindakan, dan ucapan.

Beliau lanjut menjelaskan, ada beberapa tahapan seseorang bertindak intoleran hingga menjadi tindakan teror. Setelah menjadi intoleran, seseorang bergabung dalam kelompok ekstrem, terus menjadi radikal dan melakukan tindakan teror.

Namun, lanjut Haidar alwi, tahapan tranformasi menuju terorisme tidak selamanya berjalan berurutan seperti seorang intoleran menjadi ekstrem, bisa saja sebaliknya. 

Karena itu, presiden Haidar Alwi Care dan Haidar Alwi Institute berpesan dan menghimbau harus ada sinergi dan simultan antara Kementerian Agama, Kementerian Dalam Negeri, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme dan polisi dalam melakukan pencegahan intoleransi dan penyebaran paham sejenis di tengah masyarakat. 

Salam Toleransi. 

Ir. R. Haidar Alwi, Mt

Presiden Hai Hac

Tokoh Toleransi Indonesia

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar