Haidar Alwi: Hikmah Di Balik Musibah Gempa Bumi Bantul Yogyakarta.

Opini | 01 Jul 2023 | 14:51 WIB
Haidar Alwi: Hikmah Di Balik Musibah Gempa Bumi Bantul Yogyakarta.

Uwrite.id - Hikmah di balik musibah gempa.

Meski kita tidak berharap itu terjadi, musibah gempa tidak bisa kita prediksi kapan dan dimana itu semua terjadi. Musibah datang diluar wilayah kapasitas akal manusia dalam mencerna keputusan takdir dari Allah Swt.

Setiap musibah yang datang menimpa umat manusia, bukan tanpa pelajaran didalamnya. Tidak hanya bertujuan agar manusia muhasabah diri dengan sesuatu yang telah terjadi, tetapi mempersiapkan diri pula agar senantiasa siap siaga menghadapi musibah-musibah yang akan menimpa baik kepada diri kita, keluarga, teman, saudara, dan lain sebagainya.

Bagi umat Islam, ada beberapa hikmah yang dapat dijadikan ibroh (pelajaran) agar kita senantiasa menguatkan iman dan takwa kita, bahwa segala sesuatu yang ada di alam semesta ini pada hakikatnya milik Alloh semata, yang suatu saat nanti pasti akan kembali kepada pemiliknya.

Hikmah dibalik musibah diantaranya sebagai berikut:

1. Sebagai Ujian Keimanan

Musibah/bencana merupakan salah satu ujian keimanan, Allah menguji hambanya. Kita harus menerima semua ketentuan dari Allah ta’ala dengan ikhlas dan penuh kesabaran karena bisa jadi musibah yang kita dapatkan menjadi penghalang terjadinya musibah yang lebih besar lagi. Musibah juga mengajarkan kepada kita untuk menguatkan keimanan karena milik Allah lah segala yang ada dibumi dan langit, manusia hanya mampu berupaya tetapi Allah yang telah mentakdirkannya. Melalui musibah dapat menjadi washilah meningkatnya keimanan.

2. Sarana Penggugur Dosa

Musibah yang terjadi dapat menjadi sarana penggugur dosa asal bisa diterima dengan ikhlas.

3. Sarana Muhasabatun Nafs

Ketika tertimpa musibah hendaknya memperbanyak istighfar dan berdoa, bukan lantas mengeluh atau berputus asa. Mengeluh tidak akan menyelesaikan musibah apapun bahkan akan menambah beban secara psikologis.

4. Ladang Beramal Soleh

Musibah salah satu sarana untuk beramal sholeh, bagi yang mendapat musibah dengan menerima secara ikhlas. Sedangkan bagi yang Allah beri nikmat keselamatan dengan cara membantu orang yang sedang mengalami kesusahan. Dengan berbuat baik akan menjadikan dirinya semakin dekat kepada Allah SWT.

( IR. R. HAIDAR ALWI, MT )

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar