Haidar Alwi: Gaya Hidup Istighfar

Religi | 26 Jun 2023 | 19:04 WIB
Haidar Alwi: Gaya Hidup Istighfar

Uwrite.id - BSD city Tangerang, Haidar Alwi:

Istighfar sebagai penghapus dosa. Secara khusus istighfar memang ditujukan untuk memohon maaf dan ampun atas kesalahan dan dosa yang kita lakukan kepada Allah SWT.

Dengan gaya hidup istighfar atau menghidupkan istighfar dalam kehidupan kita, maka hal ini jelas akan sangat membantu kita untuk tidak melakukan perbuatan dosa yang sama dan atau membantu kita untuk segera memohon ampun atas kesalahan dan dosa yang mungkin baru saja kita lakukan tanpa kita sadari atau bahkan dengan perbuatan dosa yang kita sadari. Selama itu bukan syirik, insya Allah kita akan dimaafkan/diampuni oleh Allah SWT.

Dengan menghidupkan istighfar dalam kehidupan kita (istighfar sebagai gaya hidup) maka secara otomatis sebenarnya kita juga menghidupkan dzikir (dimaknai sebagai ingat kepada Allah SWT) meskipun dalam konteks permohonan ampun. Jika kesalahan dan dosa kita diampuni, maka secara otomatis jiwa kita akan masuk ke dalam golongan jiwa yang bersih, tenang, damai dan ikhlas (jiwa-jiwa muthma’innah). Dengan kondisi tersebut, insya Allah kita dapat menjalani hidup ini dengan lebih baik.

Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang beruntung dengan catatan amal amal penuh istighfar, sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah: Rasulullah SAW bersabda: “Sungguh beruntung bagi orang yang mendapatkan dalam buku catatan amalnya, banyak istighfar”. Wallahu a’lam bishawab.

 

( IR. R. HAIDAR ALWI, MT )

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar