Hadirkan Pemateri Internasional, Jumbara PMR Nasional 2023 Menggelar Latihan Kepalangmerahan

Pendidikan | 06 Jul 2023 | 21:36 WIB
Hadirkan Pemateri Internasional, Jumbara PMR Nasional 2023 Menggelar Latihan Kepalangmerahan
Momentum JUMBARA Nasional 2023 digunakan oleh pihaknya untuk meningkatkan kapasitas fasilitator PMR dengan menggelar pelatihan Kepalangmerahan

Uwrite.id - LAMPUNG SELATAN, HUMAS JUMBARA – Hukum Humaniter Internasional (HHI), merupakan salah satu pengetahuan yang harus dikuasai oleh para relawan Palang Merah Indonesia (PMI), tidak terkecuali bagi anggota Palang Merah Remaja (PMR). Sehingga materi tersebut harus dapat tersampaikan dengan tepat kepada para anggota PMR sebagai relawan masa depan PMI. 

Koordinator Sub Seksi Kepalangmerahan untuk PMR, Indra Yoga Swara, menuturkan, banyak metode yang dapat digunakan oleh seorang fasilitator PMR agar materi HHI dapat tersampaikan dengan baik. Momentum Jumpa Bakti Gembira (JUMBARA) PMR ke IX, digunakan oleh pihaknya untuk meningkatkan kapasitas fasilitator PMR dengan menggelar pelatihan Kepalangmerahan yang dipusatkan di SMK/Akademi Kebidanan Hampar Baiduri Kabupaten Lampung Selatan, 6-8 Juni 2023.

Koordinator Sub Seksi Kepalangmerahan untuk PMR, Indra Yoga Swara sedang memaparkan materi HHI

HHI menurut Indra, merupakan salah satu materi yang sulit diterima bagi anggota PMR jika tidak disampaikan dengan metode yang tepat. Pelatihan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas 34 orang peserta pelatihan yang merupakan utusan dari 34 provinsi peserta JUMBARA PMR IX, agar berbagai materi Kepalangmerahan, termasuk juga di dalam nya materi tentang HHI dapat tersampaikan dengan baik kepada seluruh anggota PMR di Indonesia. 

Dalam pelatihan tersebut, peserta diajarkan tentang berbagai metode yang dapat digunakan oleh fasilitator PMR dalam menyampaikan materi, secara akrab dan mengasikkan sesuai dengan karakter remaja.  

Anggota PMR mencatat materi yang diberikan pemateri

Sejumlah fasilitator dihadirkan untuk mengisi pelatihan tersebut, diantaranya perwakilan International Comite of the Red Cross (ICRC), Freddy Nggadas dan Ursulan, juga fasilitator PMI seperti Mukhsinun, Siti Mariam, dan Selamet Purnama. (AL)

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar