Gunakan APBD 9 M Untuk Beri Inventaris Motor Kades, Wonogiri Masuk Trending Topic

Politik | 05 Apr 2023 | 05:27 WIB
Gunakan APBD 9 M Untuk Beri Inventaris Motor Kades, Wonogiri Masuk Trending Topic

Uwrite.id - Tingkat kemiskinan di Kabupaten Wonogiri tahun 2021 mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa pada tahun 2021 naik 0,69 persen menjadi 11,55 persen dibanding tahun 2020, kondisi tersebut ditenggarai akibat dampak dari pandemi Covid-19.

Namun kenaikan tersebut kembali menjadi sorotan publik setelah muncul kabar Kepala Desa (Kades) se Kabupaten Wonogiri mendapat inventaris motor baru dengan menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) senilai Rp 9 miliar.

Kebijakan tersebut pun menuai beragam reaksi di media sosial, termasuk twitter, di mana Wonogiri masuk trending topic.

Bayak netizen menilai kebijakan tersebut tidak tepat dan kurang efektif dalam mengurangi angka kemiskinan yang masih tinggi di wilayah tersebut.

Sementara itu beberapa nitizen juga memberikan kritik masalah infrastruktur terutama jalan rusak yang perlu perhatian. Menurut nitizen, seharusnya penggunaan APBD lebih mengutamakan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat daripada digunakan untuk memberi inventaris sepeda motor.

Berikut sejumlah kritik yang dilontarkan nitizen di media sosial, 

"Lha ngene iki wargane oleh opo lek??", ungkap akun Rudhy Dtambour.

"Numpak koyo ngonoke nek liwat koyoto dalan eromoko ngidul ngono kae kroso gronjal"karo jegluk"ora yo??gur  sekedar takok we porayo oleh to??????????", ungkap akun Rini Rini.

"Mantab....menyusul jalan berlubang  ...bakdo dalan Wonogiri alus kabeh.....GO NYAWIJI....", ungkap akun Dea Lisna.

"Mugo biso ningkatke kinerjane poro kades  . ojo mung seneng nompo fasilitas e tapi gak seneng nglayani rakyate", ungkap akun Jalmo Menungso.

"Ini baru keren! APBD memang seharusnya digunakan untuk belanja yang bermanfaat seperti ini. Nmax ini sangat berguna sekali untuk melewati jalanan yang rusak/berlubang, karna suspensinya empuk. Warna merah dipilih agar terlihat terang di jalan yang masih kekurangan pencahayaan", ungkap akun @Iyamrenzia.

"Edan jaman skrng motor pentarisnya nmax terbaru bos!! Pake UANG RAKYAT TENTUNYAAAA", ungkap akun @hiumegalodon_.

Pantesan yamaha semakin di depan, lha wong plat merah sekali borong 294 unit. Namex pula, bukan yg type di bawahnya", ungkap akun @mandrivian.

"Buat jalan dan sistem tranportasi publik yang bagus woii. Malah naek motor. Jalanan rusak, transportasi publiknya ga ada? Pikirin masyarakatnya dulu woii, elu kerja untuk rakyat, uangnya darimana itu motor??", ungkap akun @dapetrezeki.

Hingga hari ini ribuan nitizen masih membanjiri kolom komentar di semua media sosial dengan pendangan yang beragam.

Beberapa netizen bahkan menyarankan agar pemerintah lebih fokus pada program-program pemberdayaan ekonomi dan sosial yang lebih bermanfaat untuk mengurangi kemiskinan dan memperbaiki kesejahteraan masyarakat.

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar