Endang Kurnia Saputra Paparkan Kiat Sesuaikan Wisata Kita Jadi Wisata Ramah Muslim

Pariwisata | 28 Oct 2023 | 10:29 WIB
Endang Kurnia Saputra Paparkan Kiat Sesuaikan Wisata Kita Jadi Wisata Ramah Muslim
Sementara dalam hal lingkungan, pemerintah mulai menggalakkan produk ramah lingkungan serta menjaga kelestarian alam.

Uwrite.id - Global Travel Muslim Index (GMTI), merilis daftar negara dengan destinasi wisata halal terbaik dunia, di mana negeri tercinta kita ini, negara +62 menempati posisi keempat dengan skor 73. Indonesia berada di bawah Malaysia, Turki, dan Arab Saudi. Peringkat ini jelas menurun bila dibandingkan dengan tahun 2019 lalu, di mana Indonesia menduduki posisi pertama.

Hal ini diungkapkan Endang Kurnia Satria, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Barat, saat menjadi narasumber pada Talkshow The Best Destinasi Wisata Ramah Muslim, yang terselenggara di arena Indonesia Sharia Economic Festival 2023 di Jakarta Convention Center Senayan, (28/10). Bersama Dr Noveri Maulana yang merupakan pengurus DPP PPHI, kedua narasumber memaparkan bagaimana menggairahkan Destinasi Wisata Ramah Muslim di Indonesia.

Aksesibilitas wisata ramah muslim meliputi sarana dan prasarana yang disediakan. Komunikasi merupakan alat vital utama dalam perjalanan wisata. Sementara dalam hal lingkungan, pemerintah mulai menggalakkan produk ramah lingkungan serta menjaga kelestarian alam agar wisata ini tak cuma halal dari pelayanannya tetapi juga tetap menjaga ekosistem dan budaya yang ada, seloroh Endang Kurnia Saputra.

Dan secara layanan, konsep wisata ramah muslim harus memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan, tukas Endang.

Meski dinamai wisata ramah muslim karena mengacu pada kebutuhan wisatawan muslim. Namun, fasilitas yang ada di lokasi wisata ramah muslim bersifat inklusif atau dapat dinikmati semua orang. Tak hanya mereka yang beragama Islam saja, jelas Endang lagi.

"Tentu kita perlu kita ingat makanan halal, kebersihan, dan segala macam ini sifatnya inklusif. Tidak hanya untuk muslim travel, tapi semua, siapapun itu sangat membutuhkan dan bisa menikmati itu dengan baik," pungkas Endang Kurnia Saputra mengakhiri perbincangam dalam talkshow yang dihadiri lebih dari 80 orang audiens ini. (*)
 

 

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar