Dua Fraksi DPR RI Menolak Kenaikan Gaji PNS 2024, Alasannya Bikin Inflasi Tinggi

Politik | 26 May 2023 | 20:46 WIB
Dua Fraksi DPR RI Menolak Kenaikan Gaji PNS 2024, Alasannya Bikin Inflasi Tinggi

Uwrite.id - Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari beberapa fraksi menyampaikan ketidaksetujuan mereka terhadap rencana kenaikan gaji untuk aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) pada tahun 2024.

Pertama kali, perwakilan dari Fraksi Partai Golkar, Dave Akbarshah Fikarno Laksono, menyampaikan keberatannya terkait kenaikan gaji PNS. Dia mengatakan pemerintah untuk berhati-hati dalam menaikkan gaji PNS, mengingat dampaknya terhadap tingkat inflasi negara. Dave juga menekankan tekanan evaluasi terhadap target inflasi yang ditetapkan pada tahun 2024, yang berkisar antara 1,5% hingga 3,5%.

"Terlebih pada 2024 nanti, akan berlangsung pesta demokrasi Pemilu serentak serta wacana kenaikan gaji pegawai negeri sipil ASN yang berpotensi meningkatkan laju inflasi secara nasional," kata Dave, dikutip dari Detik.com, Selasa 23/5/2023.

Selanjutnya, perwakilan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Wahid juga meminta pemerintah untuk meninjau remunerasi atau pengaturan ulang tunjangan kinerja bagi PNS.

"Untuk belanja pegawai Fraksi PKB meminta pemerintah agar mengevaluasi sistem remunerasi pada kementerian atau lembaga karena masih belum efektif meminimalisir aksi korupsi dan sejenisnya," ungkap Abdul Wahid dalam Rapat Paripurna di DPR, Jakarta, Selasa (23/5/2023).

Namun, ada juga fraksi yang mendukung rencana kenaikan gaji PNS, salah satunya adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang diwakili oleh Muhammad Aras. Menurutnya, pemerintah harus memberikan perhatian yang lebih besar terhadap kesejahteraan para PNS. PPP mengusulkan agar gaji pokok PNS naik sebesar 6-7% setiap tahunnya. “Hal ini penting agar gaji pokok dan pensiunan tidak tergerus oleh inflasi,” ujar Muhammad Aras.

Perdebatan mengenai kenaikan gaji PNS ini menunjukkan adanya perbedaan pendapat di antara anggota DPR dari berbagai fraksi. Diskusi lebih lanjut diharapkan akan membantu pemerintah dalam membuat keputusan yang tepat mengenai rencana kenaikan gaji PNS pada tahun 2024.

 

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar