DPR RI dan BP Batam Dorong Ekspor demi Kemajuan Ekonomi Nasional: Pelajaran dari Acara Sosialisasi di Pamekasan

Ekonomi | 30 Aug 2023 | 13:52 WIB
DPR RI dan BP Batam Dorong Ekspor demi Kemajuan Ekonomi Nasional: Pelajaran dari Acara Sosialisasi di Pamekasan
Salah satu pembicara utama Dalam Sosialisasi BP Batam Uswatun Hasanah S. Pd.

Uwrite.id - Pamekasan - DPR RI Komisi VI bekerja sama dengan BP Batam mengadakan acara sosialisasi di Ballroom Hotel Cahaya Berlian Pamekasan dengan tujuan memajukan ekonomi Madura. Acara tersebut bertujuan untuk menginspirasi semangat ekspor guna mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.Kegiatan ini digelar pada tanggal (28/08/23) siang.

Acara ini dihadiri oleh 60 peserta yang mewakili berbagai kecamatan di Pamekasan. Ini merupakan hari kedua dari rangkaian sosialisasi yang diadakan oleh BP Batam.

Salah satu pembicara utama dalam acara ini adalah Uswatun Hasanah S. Pd., pendiri komunitas panggung perempuan. Dalam presentasinya, ia mengulas tentang hubungan antara pertumbuhan ekonomi jangka panjang dan tingkat ekspor serta impor. Menurutnya, kenaikan jumlah ekspor menandakan permintaan barang atau jasa dari negara lain meningkat, yang pada gilirannya mendorong produksi dalam negeri. Namun, pertumbuhan impor bisa menurunkan produktivitas dalam negeri dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

Ia juga menyoroti bahwa dalam jangka pendek, peningkatan ekspor berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Sebaliknya, impor memiliki dampak negatif dan signifikan dalam jangka pendek. Dalam rangka mendorong perekonomian, peningkatan produksi dalam negeri menjadi kunci utama. Ini akan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia, meningkatkan pendapatan per kapita, serta memperkuat kesejahteraan masyarakat.

Ia yang seringkali dipanggil akrab uunk crispy berharap partisipan acara ini akan dapat belajar dari pengalaman daerah Batam dalam mencapai kesuksesan ekonomi, dan mengaplikasikan pelajaran tersebut untuk meraih prestasi serupa di Madura, terutama di Pamekasan.

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar