Diduga Oknum KPU OI "Kantongi" Ratusan Juta Sewa Gudang ?

Pemilu | 08 Feb 2024 | 12:00 WIB
Diduga Oknum KPU OI "Kantongi" Ratusan Juta Sewa Gudang ?

Uwrite.id -  

Ogan Ilir | Pada Tahun 2023 KPU Ogan Ilir meng-alokasikan belanja sewa Gudang/ Ruko Logistik Pemilu Tahun 2024. Anggaran sewa di biaya APBN tahun 2023 sebesar Rp 300 Juta.

Guna memastikan keamanan logistik pemilu, KPU menyewa bangunan Ruko tiga pintu yang ber-alamat di jalan Lintas Timur KM 38 Kecamatan Indralaya tepatnya di Seberang Rumah Sakit Mahyuzahra. 

Hasil Investigasi LSM Merah Putih dan GPBB Sumsel, oknum terkait di KPU Ogan Ilir diduga "mengantongi" kelebihan belanja senilai Rp 120 Juta dari kegiatan sewa gudang/ruko tersebut. 

" Harga sewa untuk ruko 3 pintu tersebut senilai Rp 90 juta pertahun. KPU Ogan Ilir menyewa bangunan tersebut selama 2 tahun ke depan," ujar Abdal, Kamis, 8 Februari 2024. 

Potensi dugaan kerugian negara menurut Abdal, senilai Rp 120 juta patut dipertanyakan. Pasalnya KPU Ogan Ilir pada tahun 2024 kembali menyewa gedung logistik pemilu yakni di Lapangan Futsal tak jauh dari posisi Kantor Penyelenggara Pemilu tersebut. 

" Kami menduga ada oknum di KPU Ogan Ilir yang diduga secara sadar  melakukan percobaan perbuatan merugikan negara untuk kepentingan pribadi dan golongan," ungkap dia. 

Setali tiga uang, Ketua GPPB Sumsel Feriyanto meminta kepada Badan Pemeriksa Keuangan untuk melakukan uji petik dan audit investigasi terkait belanja sewa gudang logistik yang berpotensi ada kerugian negara. 
 

" Bukan cuma itu saja ada kegiatan kegiatan lainya yang diduga berpotensi Kolusi dan Nepotisme yang kami ungkap. Tunggu perhelatan Pemilu selesai," tukas Feri. (Fw)

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar