Desa Klaster Pertanian Padi Di-Launching BSI di Desa Purwabakti Kecamatan Pamijahan, Bogor

Ekonomi | 26 Sep 2023 | 15:53 WIB
Desa Klaster Pertanian Padi Di-Launching BSI di Desa Purwabakti Kecamatan Pamijahan, Bogor
Bank Syariah Indonesia launching Desa BSI Klaster Pertanian Padi di Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor pada Selasa 26 September 2023.

Uwrite.id - Bank Syariah Indonesia launching Desa BSI Klaster Pertanian Padi di Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor pada Selasa 26 September 2023.

Bank Syariah Indonesia launching Desa BSI Klaster Pertanian Padi di Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor pada Selasa 26 September 2023.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala DPMD Kabupaten Bogor, Camat Pamijahan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikuktura, RCEO V Jakarta 2, para Perwakilan PT BSI dan beberapa tamu undangan lainya.

RCEO V Jakarta 2 PT Bank Syariah Indonesia, Adjat Jatnika Basarah dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada BSI Maslahat sebagai mitra strategis lembaga di BSI yang telah melaksanakan program terbaiknya termasuk program pemberdayaan desa BSI.

“Bank Syariah Indonesia adalah penggabungan dari 3 bank milik pemerintah, dan alhamdulillah dengan usia yang ke 3 tahun ini sudah masuk 7 besar bank di Indonesia,” kata Ajat Jatnika Basarah, Selasa 26 September 2023.

“Tentunya dengan keberadaan BSI ini mempunyai target untuk terus berkembang menjadi bank yang bisa menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan,” sambungnya.

Menurut Ajat, BSI juga sudah bisa menyalurkan zakat, per bulan April 2023, BSI telah menyalurkan zakat lebih dari 173 miliar, dan ini menjadi zakat perusahaan terbesar di Indonesia sepanjang sejarah.

“Alhamdulillah dengan program pemberdayaan masyarakat terus meningkat ke seluruh wilayah Indonesia, dimana salah satu programnya berada di Desa Purwabakti” jelasnya.

Ia mengatakan, program desa BSI merupakan program yang diinisiasi oleh PT Bank Syariah Indonesia bekerja sama dengan BSI maslahat tentunya dibantu dengan masyarakat yang ada di desa.

“Diharapkan program ini dapat memperkuat ekonomi desa dalam mendukung ketahanan pangan, kesejahteraan masyarakat khususnya penerima manfaat yaitu pertanian,” ujar Ajat.

Dalam program ini kata Ajat, seluruh proses reproduksi sampai pemasaran dilakukan sepenuhnya oleh kelompok tani. Sehingga nantinya dapat mendapatkan hasil yang optimal dalam program tersebut.

Selain itu program desa BSI juga dijalankan melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat, lebih jelasnya masyarakat menjadi sasaran program dan menjadi pelaku dari semua invest program guna pendampingan dari BSI maslahat.

Ajat menambahkan, sampai tahun 2023 BSI Maslahat sudah ada kurang lebih 15 desa binaan di seluruh Indonesia dan pada tahun ini ditargetkan akan bertamab 5 desa. Sehingga total desa binaan tahun 2023 menjadi 20 desa.

"Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, dipilih menjadi lokasi desa BSI melalui pengembangan pertanian sekarang. Desa ini dipilih karena memiliki potensi pertanian padi yang dapat dikembangkan dengan model klaster,” ungkapnya.

“Proses pengembangan model klaster ini fokus kepada pemberdayaan pertanian padi, dan jumlah petani yang menjad penerima manfaat program ini adalah 100 kepala keluarga, dengan luas lahan 26,5 meter,” tambahnya. (*)

 

 

 

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar