Demi Kerukunan, Muhammadiyah Imbau Penyembelihan Hewan Kurban Dilakukan Besok

Religi | 28 Jun 2023 | 10:15 WIB
Demi Kerukunan, Muhammadiyah Imbau Penyembelihan Hewan Kurban Dilakukan Besok

Uwrite.id - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah mengeluarkan surat edaran yang mengatur penyelenggaraan ibadah Idul Adha 2023. Salah satu perhatian utama dalam surat edaran tersebut adalah waktu pelaksanaan penyembelihan hewan kurban.

Dalam surat edaran dengan nomor 006/EDR/LO/E/2023, Muhammadiyah menekankan pentingnya melaksanakan ibadah kurban sesuai dengan sunah nabi, dengan proses penyembelihan yang dapat dilakukan pada Rabu, 28 Juni.

Namun, demi menjaga kerukunan dan tenggang rasa terhadap umat Islam lainnya, Muhammadiyah menganjurkan agar penyembelihan hewan kurban dilakukan pada Kamis, 29 Juni.

Surat edaran tersebut diunggah melalui akun resmi Twitter Muhammadiyah pada hari Selasa, 27 Juni.

Selain itu, PP Muhammadiyah juga mengimbau agar salat Idul Adha 1444 H dapat dilakukan dengan khusyuk, serta menjaga ketertiban dan kebersihan.

Sebelumnya, PP Muhammadiyah telah menetapkan bahwa Idul Adha jatuh pada Rabu, 28 Juni, yang bertepatan dengan tanggal 10 Zulhijah 1444 H. Namun, dalam Sidang Isbat yang digelar oleh pemerintah pada Minggu, 18 Juni, ditetapkan bahwa tanggal 10 Zulhijah yang merupakan hari Lebaran Haji jatuh pada Kamis, 29 Juni.

Surat edaran ini diharapkan dapat memberikan arahan kepada umat Islam dalam melaksanakan ibadah kurban sesuai dengan panduan yang telah ditetapkan oleh Muhammadiyah, serta memperhatikan faktor kerukunan dan tenggang rasa terhadap sesama muslim yang masih menjalankan puasa Arafah.

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar