Bu Susi, Magnet Politik dalam Persaingan Capres: Jejak Pertemuan dengan Ganjar, Anies, dan Prabowo

Politik | 11 Nov 2023 | 13:26 WIB
Bu Susi, Magnet Politik dalam Persaingan Capres: Jejak Pertemuan dengan Ganjar, Anies, dan Prabowo
Susi Pudjiastuti berbincang dengan nelayan Natuna.

Uwrite.id - Kedatangan Bakal Calon Presiden (Capres) PDI-P, Ganjar Pranowo, ke kediaman mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, beberapa hari lalu memunculkan spekulasi terkait dinamika politik di tanah air. Pertemuan akrab antara keduanya diwarnai dengan silaturahmi dan makan siang bersama yang menciptakan nuansa yang lebih dari sekadar pertemuan politis.

"Saya sudah janji lama ke sini dulu mau dimasaki udang, terus telepon berkali-kali tidak bisa kemarin waktu ada Air Show saya diundang tapi WA-nya telat buka saya. Akhirnya saya buka dan kesempatannya hari ini," kata Ganjar, Selasa (7/11/23).

Ganjar Pranowo membantah adanya ajakan untuk bergabung dengan Tim Pemenangan Nasional (TPN) dalam pernyataannya setelah pertemuan.

"Oh tidak (ajak masuk TPN), saya dialog biasa saja. Karena Bu Susi dengan saya punya kedekatan, kami berteman dengan sangat baik," ujarnya.

Meski demikian, hubungan akrab mereka telah menjadi sorotan dalam kancah persaingan politik menjelang pemilihan presiden.

Ini bukan pertemuan pertama Susi dengan bakal calon presiden. Sebelumnya, Anies Baswedan dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan menjadi orang pertama yang bertemu dengan Susi. Pertemuan ini terjadi jauh sebelum Anies mendeklarasikan diri berpasangan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Obrolan santai mereka mencakup berbagai isu, dari lingkungan hingga masalah nelayan, mencerminkan keragaman topik yang dijelajahi dalam pertemuan politis.

"karena itu wilayah pengalaman beliau. Jadi bicaranya itu santai, temanya bermacam-macam," kata Anies, Selasa (25/7/23).

"Ada yang serius, ada yang penuh senda gurau, ada juga soal politik, soal sosial. Itu sih yang diobrolin," sambungnya.

Prabowo Subianto, tokoh penting dalam kancah politik nasional, juga tidak ketinggalan dalam daftar bakal calon presiden yang bertemu dengan Susi. Prabowo dua kali berkunjung ke Pangandaran disertai dengan aksi bersih-bersih pantai dan pembagian kapal untuk nelayan.

“Terima kasih atas sambutannya yang meriah. Ini yang kedua kali. Dan setiap saya datang ada suatu semangat dan kepedulian yang begitu besar terhadap lingkungan, pantai, dan laut. Kekayaan alam Indonesia sangat besar di laut,” kata Prabowo, Rabu (11/10/23).

Susi Pudjiastuti, sebagai pemilik Susi Air dan figur yang dikenal karena kepeduliannya terhadap lingkungan dan nelayan menjadi magnet politik bagi berbagai calon presiden. Keberadaannya menjadi elemen penting dalam politik, mengingat pengaruhnya yang melibatkan isu-isu vital seperti kelautan, perikanan, dan keberlanjutan lingkungan.

Dalam setiap pertemuan, topik yang diangkat beragam, dari isu serius hingga percakapan penuh humor. Kedekatan personal antara Susi dan para capres menciptakan narasi politik yang menarik, menunjukkan bahwa dinamika politik tidak selalu harus kaku dan formal.

Meskipun pertemuan tersebut tidak selalu diikuti oleh ajakan langsung untuk bergabung dalam tim pemenangan, spekulasi tentang kemungkinan dukungan dari Susi menciptakan dinamika menarik dalam arena politik tanah air. Suaranya dalam isu-isu penting, seperti keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan nelayan, membuatnya menjadi figur yang diminati oleh berbagai kalangan.

Dengan pemilihan presiden yang semakin dekat, peran Susi sebagai magnet politik di ranah politik nasional akan terus menjadi perhatian. Kedekatannya dengan berbagai bakal calon presiden menandai perannya yang tidak hanya sebagai pengusaha sukses, tetapi juga sebagai figur yang memiliki daya tarik politik pilpres 2024.

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar