Beredar Pakta Integritas Pj Bupati Sorong Dukung Ganjar, Mahfud: Terbit Sebelum (Ganjar) Resmi Jadi Capres

Politik | 14 Nov 2023 | 18:01 WIB
Beredar Pakta Integritas Pj Bupati Sorong Dukung Ganjar, Mahfud: Terbit Sebelum (Ganjar) Resmi Jadi Capres
Menkopolhukam, Mahfud Md

Uwrite.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memberikan tanggapan terkait beredarnya pakta integritas dukungan Pj Bupati Sorong Yan Piet Moso kepada calon presiden (capres) Ganjar Pranowo.

Mahfud MD mengungkapkan bahwa pakta integritas tersebut telah terbit pada bulan Agustus, sebelum Ganjar secara resmi menjadi capres menurut keputusan KPU.

"Itu kan bulan Agustus, belum ada calon-calon resmikan bahasanya," kata Mahfud dikutip dari kompas, Selasa (14/11/23).

Menurut Mahfud, meskipun terbit sebelum penetapan resmi capres, perihal pakta integritas tersebut tidak bersinggungan dengan ranah hukum. Dia juga menegaskan bahwa hal tersebut tidak mencoreng netralitas aparatur sipil negara (ASN).

"Enggak juga (mencoreng netralitas ASN)," ucap dia.

Pakta integritas yang mencuat ini awalnya beredar dalam grup wartawan. Dalam dokumen tersebut, Yan Piet Moso selaku Pj Bupati Sorong menyatakan komitmennya dalam beberapa poin, termasuk dukungan pada Pilpres 2024.

Berikut isi pakta integritas yang ditandatangani oleh Yan Piet Mosso dan Kepala Badan Intelijen Nasional Daerah (Kabinda) Papua Barat, Brigjen TNI TSP Silaban pada Agustus 2023:

1. **Mendukung dan melaksanakan penuh keberhasilan program pemerintah pusat di wilayah Kabupaten Sorong.**
  
2. **Tidak melakukan tindak pidana korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).**
  
3. **Menolak sepenuhnya segala kegiatan yang bersifat separatisme serta aktivitas pergerakan Papua Merdeka di wilayah.**
  
4. **Siap mencari dukungan dan memberikan kontribusi suara pada Pilpres 2024, minimal 60 persen + 1 untuk kemenangan Ganjar Pranowo sebagai presiden Republik Indonesia di Kabupaten Sorong.**
  
5. **Bersedia menjaga kerahasiaan sepenuhnya berkaitan pembuatan pakta integritas ini.**

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar