Beredar Kabar, KPK Akan Tetapkan Mentan Syahrul Yasin Limpo Sebagai Tersangka Kasus Korupsi

Hukum | 14 Jun 2023 | 18:03 WIB
Beredar Kabar, KPK Akan Tetapkan Mentan Syahrul Yasin Limpo Sebagai Tersangka Kasus Korupsi
Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo.

Uwrite.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang melakukan penyelidikan terhadap dugaan kasus korupsi yang terjadi di Kementerian Pertanian. Asep Guntur Rahayu, yang menjabat sebagai pelaksana tugas Deputi Penindakan KPK, ketika dikonfirmasi membenarkan hal tersebut, menurutnya saat ini masih dalam proses penyidikan.

“Benar, saat ini masih proses penyelidikan. Mohon maaf belum ada yang bisa kami sampaikan,” kata Asep, dikutip dari Tempo, Rabu, 14 Juni 2023.

Senada dengan Guntur Rahayu, Juru bicara KPK, Ali Fikri juga membenarkan bahwa KPK sedang menyelidiki dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.

“Sejauh ini yang kami ketahui benar, namun masih dalam tahap proses permintaan keterangan kepada sejumlah pihak atas dugaan korupsi di Kementan,” ujar Ali Fikri, Rabu 14/6/2023.

"Ini sebagai tindak lanjut laporan dari masyarakat yang diterima KPK sehingga kemudian KPK menindaklanjuti pada proses penegakan hukum." lanjutnya.

Informasi yang dikutip dari Tempo.co, Syahrul Yasin Limpo selaku Menteri Pertanian bersama dengan Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono dan Direktur Alat Mesin Pertanian Muhammad Hatta diusulkan sebagai tersangka. Rencana penetapan tersangka ini berdasarkan ekspose yang dihadiri oleh seluruh pimpinan KPK pada Selasa, 13 Juni 2023.

Syahrul Yasin Limpo dan kedua anak buahnya diduga terlibat dalam tindak pidana korupsi sebagaimana diatur dalam Pasal 12E dan/atau Pasal 12B UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, serta Pasal 3 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) terkait dengan Pasal 56 dan Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Proses penyelidikan kasus ini telah dimulai sejak tanggal 16 Januari 2023. Selama penyelidikan berlangsung, Syahrul Yasin Limpo, yang merupakan politikus NasDem itu, beserta anak buahnya diduga terlibat penyalahgunaan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) keuangan negara. Adapun perkara korupsi yang dituduhkan adalah dalam bentuk pemerasan, gratifikasi, hingga pencucian uang di lingkungan Kementerian Pertanian dari tahun 2019-2023.

Syahrul Yasin Limpo Tidak Tahu Dugaan Kasus Korupsi Yang Menimpanya

Namun, Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo, membeberkan ketidaktahuannya terkait isu atau dugaan kasus korupsi yang terjadi di Kementerian Pertanian (Kementan). Dalam pernyataannya di Kabupaten Solok, Sumatra Barat, Mentan RI mengatakan bahwa ia tidak tahu mengenai isu tersebut.

"Oh saya tidak mengerti itu,” kata Mentan RI Syahrul Yasin Limpo, dikutip dari AntaraNews, Rabu 14/6/2023.

Kunjungan Mentan RI ke Kabupaten Solok hari ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Penas Tani Ke-XVI yang dipusatkan di Lanud Sutan Sjahrir Kota Padang pada tanggal 10-15 Juni 2023. Tujuan kunjungan tersebut adalah untuk melakukan kunjungan ke kawasan pengembangan bawang merah di wilayah tersebut.

Meski menghadapi isu korupsi yang tengah mencuat di Kementerian Pertanian, Mentan RI Syahrul Yasin Limpo belum memberikan tanggapan lebih lanjut terkait hal tersebut. Ia terlihat enggan untuk menjawab pertanyaan wartawan dan lebih memilih untuk melanjutkan kegiatan yang telah direncanakan.

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar