Atlet Sepatu Roda UISC Ciamis Persembahkan 14 Medali di Kejuaraan Nasional Champ Of The Champ 2024

Peristiwa | 06 Mar 2024 | 07:47 WIB
Atlet Sepatu Roda UISC Ciamis Persembahkan 14 Medali di Kejuaraan Nasional Champ Of The Champ 2024
Atlet Sepatu Roda UISC Ciamis Persembahkan 14 Medali dalam Kejuaraan Nasional Champ Of The Champ 2024/foto: Nank Irawan

Uwrite.id - Atlet sepatu roda dari Unity Inline Skate Club (UISC) Kabupaten Ciamis mengukir prestasi gemilang dalam Kejuaraan Nasional Champ Of The Champ 2024 di Semarang.

Dibawah bimbingan Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Porserosi), atlet-atlet muda ini berhasil mempersembahkan total 14 medali pada nomor pemula 50 dan 100 meter putra/putri kelas TK serta SD.

Dalam ajang bergengsi ini, Muhammad Sana berhasil menempati peringkat keenam dari 28 atlet yang berkompetisi di nomor Speed 5000 meter.

Prestasi cemerlang juga diraih oleh Icham, Saina, Aqila, Hilma, dan Fawwaz yang mampu meraih medali emas dalam nomor 50 meter putra.

Sementara itu, medali perak berhasil disabet oleh khaliqa, Utarina (Lily), Muna, Regina, Vina, dan Mutia dalam nomor 50 meter putri kelas TK dan SD.

Agi juga turut menyumbangkan medali perak dalam nomor 50 meter putra. Adapun perunggu diraih oleh Jihan dan Dameeka dalam nomor 50 meter putri kelas TK dan SD.

Pelatih UISC Ciamis, Shanny Ramadhani, menyatakan kepuasannya terhadap penampilan anak asuhnya dalam kejuaraan tersebut, namun juga menekankan pentingnya evaluasi terus-menerus.

"Intinya mereka harus memiliki mental bertanding yang kuat, semangat dan jam terbang yang tinggi. Ketika melihat atlet lain berlomba, mereka akan termotivasi," katanya, Minggu (03/03/2024).

Menurutnya, aspek mental dan pengalaman berlomba merupakan hal yang lebih penting untuk diperhatikan demi peningkatan prestasi di masa depan.

Shanny juga menggarisbawahi beberapa kendala yang dihadapi oleh anak didiknya, termasuk keterbatasan fasilitas seperti lintasan yang digunakan untuk latihan.

"Kita latihan menggunakan lintasan yang kasar dan datar, sedangkan lintasan yang dipakai kejuaraan itu halus agak miring di tikungannya, sehingga anak-anak perlu adaptasi dengan lintasannya. Jika mereka terbiasa berlatih di lintasan yang halus, Insya mereka akan lebih berkembang dan lebih berprestasi," jelasnya.

Ia berharap adanya fasilitas yang lebih memadai di Ciamis, agar anak-anak dapat berlatih dengan lebih baik dan meraih prestasi lebih tinggi di masa mendatang.

Diakui Shanny anak-anak didiknya masih banyak kekurangan, baik dari skill, mental, kekuatan fisik dan lainnya, namun seiring berjalanya waktu hal itu bisa diperbaiki dengan meningkatkan latihan yang rutin dilaksanakan juga mengikuti kejuaraan untuk meningkatkan mental dan jam terbang.

"Semoga dengan mengikuti kejuaraan ini dapat meningkatkan mental dan jam terbang, serta memotivasi anak-anak untuk menjadi lebih baik, lebih kuat lagi mentalnya, khususnya atlet pemula yang baru merasakan gegap gempitanya pertandingan," ungkapnya.

Shanny juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, atas dukungan yang telah diberikan kepada UISC Ciamis, serta kepada Ketua Porserosi Ciamis, Ai Rusli Suargi, atas masukan, dukungan, dan motivasinya. Juga, terima kasih kepada Ketua DPRD Ciamis, Nanang Permana, atas fasilitas yang telah diberikan kepada UISC, dan kepada orang tua atlet yang telah mendukung dan mengizinkan anak-anak mereka untuk mengikuti acara ini. 

Atlet Sepatu Roda UISC Ciamis Persembahkan 14 Medali dalam Kejuaraan Nasional Champ Of The Champ 2024

Ketua Porserosi Kabupaten Ciamis, Ai Rusli Suargi, melalui Ketua Bidang Bimbingan Prestasi (Kabid Binpres) Porserosi Ciamis, Deden Juanda, menyatakan bahwa kejuaraan sepatu roda Champ Of The Champ 2024 di Semarang merupakan sarana untuk melatih fisik, mental, dan menambah jam terbang para atlet.

"Dalam olahraga apa pun, untuk mencapai prestasi, kita perlu perjuangan, pembinaan, dan latihan yang kontinu dan terjadwal. Namun yang terpenting, harus ada kemauan dari atletnya untuk berlatih sesuai arahan dari pelatih," katanya.

Deden menjelaskan bahwa dengan mengikuti kejuaraan tersebut, dapat meningkatkan mental dan motivasi bagi anak-anak untuk menjadi lebih baik, lebih kuat lagi mentalnya, khususnya atlet pemula yang baru merasakan gempa pertandingan.

"Alhamdulillah, atlet sepatu roda kita bisa meraih prestasi di event Champ Of The Champ 2024 Semarang. Semoga kedepannya bisa lebih baik dan lebih berprestasi," jelasnya.

Orang tua dari para atlet sepatu roda yang bertanding di Semarang merasa gembira karena anak-anak mereka bisa tampil di ajang kejuaraan sepatu roda tingkat nasional Champ Of the Champ 2024 di Semarang. Salah satunya, Hilman, orang tua dari Hamiz Hisyam Hardian yang biasa dipanggil Icham (6), siswa TK terpadu Alfatah Bojong Mengger, yang berhasil meraih Juara 1 nomor 50 meter dan Juara 3 umum nomor 100 meter di kelas pemula TK putra, mengungkapkan rasa syukur karena anaknya berhasil meraih perunggu.

"Alhamdulillah, Icham bisa meraih juara tiga. Saya sangat bangga atas kerja kerasnya. Terima kasih kepada pelatih Shanny yang telah mendidik anak saya," katanya.

Hilman berharap anaknya bisa lebih semangat dan giat dalam latihan agar bisa lebih berprestasi. Sebagai orang tua, ia sangat mendukung hobi olahraga anaknya di UISC.

"Ini adalah hobi yang positif, sebagai orang tua, kita akan selalu mendukungnya. Semoga menjadi atlet sepatu roda profesional dan bisa berprestasi di ajang yang lebih tinggi," pungkasnya.

Menulis di Uwrite bisa dapat penghasilan, Investasikan tulisan anda sekarang juga
Daftar di sini

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar