Anies Pernah Rayu Susi Pudjiastuti Ambil Kejar Paket C

Pendidikan | 04 Aug 2023 | 21:31 WIB
Anies Pernah Rayu Susi Pudjiastuti Ambil Kejar Paket C
Susi Pudjiastuti bersama putrinya, Nadine Pascale Kaiser (Istimewa)

Uwrite.id - Anies mengungkapkan, ia pernah merayu Susi supaya mengikuti ujian paket C karena tidak memiliki ijazah. Saat itu, Anies masih menjabat sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan di kabinet periode I pemerintahan Joko Widodo.

"Soal bu Susi itu, bu Susi sangat terbuka kan orangnya, beliau kan engga lulus SMA, terus suatu waktu, saya dekat sama bu Susi sudah panjang bukan kemarin itu saja, namun saya mau bercerita mengenai kejadian ini, ada kaitannya dengan pendidikan. Setelah berakhir sidang kabinet, saya jalan bareng bu Susi terus saya bilang 'bu, bu Susi kan enggak punya ijazah SMA, bu Susi ikut dong kejar paket C,'" ujar Anies.

Akhirnya ia meminta bu Susi agar mau ikut ujian paket C. Dengan alasan agar banyak masyarakat yang tidak lulus SMA ikut jejak dia.

"'Wah buat apa? Engga butuh itu ijazah, wong aku bisa begini engga pake ijazah kok.' tukas bu Susi gini. Terus ‘bu ini bukan soal ijazah buat bu Susi, kalau buat bu Susi udah engga perlu pake itu semua. Tapi di luar sana ada ratusan mungkin jutaan orang yang mereka sebenarnya bisa dapat peluang kerja namun kalau mau melamar kerja ditanya punya ijazah apa engga. Betul ’kan, kalau enggak ada ijazah engga bisa, bukan soal kompetensinya, engga ada ijazahnya," beber Anies.

Anies meminta Susi menjadi contoh masyarakat. Akhirnya Susi pun mengikuti masukan dari Anies.

"Dan di situ yang saya suka sama bu Susi, dia mau mengerjakan bukan karena untuk dirinya, tapi begitu dia bilang 'oke kalau ini jadi teladan buat yang lain, saya akan kerjain' kan repot sebenarnya buat dia. Dia harus belajar, dia harus siapin, tapi beliau itu mau mengerjakan. Begitu tahu bahwa biar saya jadi teladan, ada anak-anak yang tidak sempat lulus SMA supaya kejar paket C," kata Anies.

Jadi Inspirasi

Lantas, Anies bercerita kalau ada orang yang tinggal di dekat rumahnya mengaku mengikuti program paket C karena terinspirasi figur Susi. Oleh karena itu, Anies mengidolakan Susi sebagai figur yang inspiratif.

"Jadi its truly an inspiration," tukas Anies.

Cuma saja, Anies tidak menjawab saat ditanya apakah kedekatannya dengan Susi merupakan opportunity untuk menjadikannya pendamping nanti saat maju di Pilpres 2024. Anies cuma tertawa.

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar