AMIN Bersaing di Survei Prancis dan Australia, Hasil Survei Internasional Menunjukkan Persaingan Ketat

Politik | 10 Nov 2023 | 19:33 WIB
AMIN Bersaing di Survei Prancis dan Australia, Hasil Survei Internasional Menunjukkan Persaingan Ketat
Pasangan Capres-Cawapres 2024, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Uwrite.id - Sejumlah pihak terus berupaya mem-framing dan mendegradasikan posisi Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden (Bacapres Baswedan dan Bacawapres AMIN). Namun, hasil survei internasional dari dua lembaga menunjukkan bahwa pasangan AMIN masih sangat kompetitif terhadap dua kandidat lainnya.

Menurut lembaga survei dunia asal Prancis, Ipsos Public Affair, elektabilitas Anies-Muhaimin pada survei 17-19 Oktober 2023 berada di 28,91 persen. Meskipun sedikit berbeda, angka elektabilitas AMIN masih bersaing ketat dengan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (31,32 persen) dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (31,98 persen).

Sebelumnya, pada survei Juli 2023 oleh lembaga riset Utting Research, elektabilitas Ganjar Pranowo mencapai 34 persen, diikuti Prabowo Subianto dengan 33 persen, dan Anies Baswedan 27 persen. Meski selisih angka masih dalam batas margin of error, persaingan antara ketiga paslon terus ketat, dengan tren AMIN terus meningkat.

Juru Bicara Anies Baswedan, Indra Charismiadji, menyatakan bahwa hasil survei yang terus meningkat menjadi dorongan bagi tim AMIN. Menurutnya, hal ini menunjukkan dukungan yang kuat dari partai koalisi dan relawan yang mampu mengangkat elektabilitas pasangan AMIN setara dengan pesaingnya.

"Reputasi dua lembaga survei internasional yang menempatkan posisi AMIN head to head dengan kandidat lain dianggap lebih kredibel daripada survei yang mungkin dimanfaatkan untuk penggiringan opini," ujar Indra dikutip dari Kumparan, Jumat (10/11/23).

Menurutnya, hasil dari Ipsos dianggap lebih netral dan dapat dijadikan rujukan kredibel bagi semua pihak.

“Yang ketiga, kalau melihat dari reputasi dunia dari lembaga survei Ipsos yang asal  ini sepertinya hasilnya lebih bisa dipertanggungjawabkan dan bebas dari kepentingan salah satu kubu. Dengan kata lain lebih netral. Jadi intinya akan menjadi sebuah rujukan yang kredibel untuk semuanya,” papar Indra.

Indra Charismiadji yakin bahwa hasil survei ini akan memberikan semangat tambahan bagi tim AMIN untuk bekerja lebih giat dan cerdas dalam 100 hari ke depan guna memenangkan pertarungan dalam pemilihan presiden. Baginya, ini seperti melihat cahaya di ujung terowongan yang menunjukkan potensi kemenangan bagi pasangan AMIN.

"Hal ini menjadi penyemangat kami untuk bekerja lebih giat dan lebih smart lagi dalam 100 hari ke depan untuk memenangkan pasangan AMIN dalam pilpres. Ibaratnya, kita sudah melihat cahaya di ujung terowongan,” tandasnya.

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar