4 Hari Lagi Akan Digelar The 3rd ILE Indonesia Licensing Expo 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta

Ekonomi | 08 Oct 2023 | 15:54 WIB
4 Hari Lagi Akan Digelar The 3rd ILE Indonesia Licensing Expo 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta
Susanty Widjaya, selaku Ketua Umum Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) menuturkan “Pertumbuhan bisnis lisensi dan franchise atau waralaba di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan beberapa tahun ini."

Uwrite.id - ASENSI atau Asosiasi Lisensi Indonesia kembali menggelar pameran The 3rd Indonesia Licensing Expo (ILE) 2023. Jakarta dipilih sebagai road show terakhir di tahun 2023 ini setelah suksesnya Indonesia Licensing Expo (ILE) diselenggarakan di Kota Surabaya bulan Juni 2023 dan Bali bulan September 2023 lalu.

The 3rd ILE Jakarta akan diselenggarakan selama 4 hari mulai dari tgl 11 hingga 14 Oktober 2023 di Ji Expo Kemayoran Jakarta.

Susanty Widjaya, selaku Ketua Umum Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) menuturkan “Pertumbuhan bisnis lisensi dan franchise atau waralaba di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup significant beberapa tahun ini. Demikian pula peningkatan kesadaran pelaku terhadap pentingnya perlindungan HKI di Indonesia juga meningkat pesat sejak 2019 lalu, ini terbukti dengan jumlah merek terdafar di tahun 2022 naik dan berkembang pesat dari 72.211 merek menjadi lebih dari 2 juta merek terdaftar, ” ujar Susanty dalam sambutannya.

"Dengan pameran ini, kami mengajak masyarakat dan para pelaku untuk bangkit bersama dan turut berpartisipasi serta berinvestasi dalam bisnis licensing atau lisensi, franchise atau waralaba juga berbagai peluang usaha untuk menggiatkan perekonomian Indonesia. Kami juga mendorong pelaku-pelaku bisnis lisensi atau licensing seperti IP atau Intellectual Property, franchise atau waralaba merek lokal dan international untuk terus dapat tumbuh dan berkembang. Tidak hanya untuk melayani kebutuhan pasar dalam negeri, melainkan juga untuk merambah ke pasar luar negeri dan bersaing di pasar global," ungkap Susanty.

Susanty juga menjelaskan, Indonesia Licensing Expo atau lebih dikenal dengan singkatannya ILE 2023 adalah pameran Licensing atau lisensi, Franchise atau Waralaba, Kemitraan, dan Peluang Usaha Indonesia ini juga didukung oleh Kementerian Lembaga dan salah satunya adalah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, ungkapnya.

Daud D Salim, selaku CEO dari IMEI Krista Exhibitions menyatakan antusias dan mendukung penuh dalam menyelenggarakan the 3rd ILE 2023 Jakarta.

"Pertumbuhan bisnis lisensi, franchise atau waralaba saat ini akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya permintaan dan juga respons yang baik dari masyarakat maka penyelenggaraan the 3rd ILE 2023 Jakarta diharapkan memberikan optimisme dan semangat bahwa lisensi atau licensing, franchise atau waralaba adalah bisnis yang kuat dan berkesinambungan. Tidak hanya itu, pameran the 3rd ILE 2023 juga membantu mempertemukan antara pemilik usaha/franchisor (pewaralaba) dan calon pewaralaba dalam menciptakan koneksi, membangun komunikasi dan menemukan peluang untuk berwirausaha” ungkap Daud D Salim.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Isy Karim, M.Si. menyampaikan dalam rangka menjaga konsistensi pertumbuhan ekonomi domestik, maka peran dan dukungan terhadap kewirausahaan harus mendapat perhatian sebesar-besarnya. Hal ini sejalan dengan amanat Presiden Joko Widodo bahwa bangsa Indonesia akan mengalami pertumbuhan ekonomi jika para wirausaha diberikan peluang yang seluas-luasnya untuk mengembangkan usaha.

DirJen PDN Kementerian Perdagangan juga menyampaikan komitmen untuk terus mendukung pengembangan Kewirausahaan Nasional untuk mengejar target pertumbuhan rasio kewirausahaan pada Tahun 2024 agar mencapai 4 persen.

Melalui Pameran Indonesia Licensing Expo yang merupakan pameran Lisensi dan Waralaba ke-3 yang akan diadakan pada tanggal 11 s/d 14 Oktober 2023 yang diharapkan dapat mendukung program-program Pemerintah yaitu antara lain Gerakan Merek Lokal Indonesia dan Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Kementerian Perdagangan Indonesia juga menyampaikan apresiasi sebesarbesarnya kepada ASENSI yang secara konsisten dan berkelanjutan memberikan kontribusi berharga untuk pembangunan nasional khususnya sektor Lisensi, Waralaba, dan merek-merek lokal. Ikatan kuat dan kerja sama yang telah berjalan dengan sangat baik selama ini antara Kementerian Perdagangan dengan ASENSI kiranya dapat dipertahankan dan bahkan terus ditingkatkan.

Dengan mengusung tag line pameran the 3rd Indoensia Licensing Expo 2023 adalah LET’S RISE UP TOGETHER, TOGETHTER WE RISE UP! dengan tujuan agar para pelaku usaha usaha, para UMKM, lisensi, franchise dan waralaba merek lokal maupun Nusantara dapat bangkit kembali bersama-sama melalui ajang pameran lisensi (licensing) dan waralaba (franchise) di The 3rd Indonesia Licensing Expo 2023. Adapun informasi untuk pengunjung pameran ini gratis atau tidak dikenakan biaya tiket masuk. (*)

 

Jika anda keberatan dan memiliki bukti atau alasan yang kuat bahwa artikel berita ini tidak sesuai dengan fakta, anda dapat melakukan pengaduan pada tautan ini

Tulis Komentar

0 Komentar